Posko Angkutan Lebaran 2024 Dimulai, KAI Daop 4 Semarang Berkekuatan 2.802 Personil

Gelar pasukan angkutan Lebaran 2024 Daop 4 Semarang.
Sumber :
  • Egar Febry

Viva Semarang – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang menggelar Apel Gelar Pasukan Angkutan Lebaran 2024. Apel dipimpin langsung oleh Kepala Daop 4 Semarang KAI Daniel Johannes Hutabarat di Halaman Stasiun Tawang pada Jumat (5/4/24).

Apel ini menandai hari pertama dilaksanakannya periode posko Angkutan Lebaran KAI untuk melayani masyarakat yang mudik menggunakan moda angkutan kereta api.

KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 selama 22 hari, yaitu dari hari Minggu 31 Maret sampai Minggu 21 April 2024. Sedangkan masa Posko Angkutan Lebaran selama 12 hari yaitu dari Jumat 5 April hingga Selasa 16 April 2024.

Pada Lebaran tahun 2024 ini, KAI telah menyiapkan semua aspek untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan KAI mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.

Kepala KAI Daop 4 Semarang, Johannes Hutabarat mengatakan, pihaknya telah menyiagakan sebanyak 2.802 personel dalam melayani masa Angkutan Lebaran. Seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama dan prami, serta customer service dipastikan melayani pelanggan dengan baik.

"KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran," jelasnya.

Sebagai upaya untuk menjamin keamanan penumpang di stasiun maupun di atas KA, KAI Daop 4 Semarang mengerahkan petugas keamanan sebanyak total 360 personel yang terdiri dari 51 personel bantuan keamanan eksternal dari TNI dan Polri dan 116 Polsuska dan 193 security.

Pengamanan di stasiun juga akan diperkuat dengan K9 atau anjing pelacak yang akan beroperasi di Stasiun Semarang Tawang dan Semarang Poncol. Personel keamanan tersebut akan melakukan pengamanan di atas KA, stasiun, maupun secara mobile melakukan patroli di jalur KA dan obyek-obyek penting lainnya seperti dipo lokomotif dan kereta.

KAI juga menyiagakan petugas frontliner ekstra seperti Customer Service Mobile (CSM) dan anggota Komunitas Pecinta Kereta Api Railfans di wilayah Daop 4 Semarang untuk membantu dan memberikan Informasi dan layanan kepada pelanggan di beberapa stasiun wilayah Daop 4 Semarang.(TJ)