KPU Jateng Tetapkan Andika Perkasa-Hendi dan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Sebagai Paslon Pilgub Jateng

KPU tetapkan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Tengah resmi menetapkan pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Hendi) dan pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen sebagai pasangan calon yang menjadi peserta kontestasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2024.

Penetapan dilakukan setelah KPU menggelar rapat pleno tertutup yang dihadiri perwakilan kedua paslon. Rapat pleno dilaksanakan di Kantor KPU Jateng pada Minggu 22 September 2024 dan hasilnya diumumkan lewat konperensi pers.

Ketua KPU Provinsi Jateng Handi Tri Ujiono mengatakan, penetapan peserta Pilkada Jawa Tengah 2024 setelah menyelesaikan tahapan pengumuman dan kesempatan bagi masyarakat untuk memberi masukan terhadap kedua bakal pasangan calon. Hasilnya, kedua bakal pasangan calon dinyatakan nihil tanggapan dari masyarakat. 

"Karena tidak ada tanggapan dari masyarakat, maka KPU tidak perlu klarifikasi dan KPU melakukan penetapan kedua pasangan calon. Selanjutnya, akan dilakukan pengundian nomor urut pada hari Senin," jelas Handi.

Ia menambahkan, masa kampanye Pilkada 2024 akan dimulai pada tanggal 25 September 2024. 

Dengan begitu, Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi diusung oleh PDI Perjuangan resmi jadi paslon yang maju di Pilgub Jateng 2024. Begitu juga pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen diusung gabungan Partai Gerindra, PKB, Golkar, Nasdem, PKS, PPP, PAM, Demokrat, dan PSI, resmi maju sebagai paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng di Pilkada 2024.(TJ)