Datangi Pabrik Garment di Pemalang, Cagub Ahmad Luthfi: Kita Harus Lunya Banyak BLK

Cagub Jateng Ahmad Luthfi kunjungi pabrik garment di Pemalang.
Sumber :
  • Dok

Viva Semarang, Pilkada Calon Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi gencar keliling ke berbagai daerah di masa kampanye Pilkada Jateng 2024. Pada Rabu 2 Oktober 2024, Ahmad Luthfi datang ke Kabupaten Pemalang untuk belanja aspirasi. 

Salah satunya pabrik garment yang punya banyak pekerja. Di sini Luthfi mendapatkan fakta terkait potensi tenaga kerja lokal serta tantangan yang dihadapi sektor tekstil dalam menghadapi persaingan internasional dan produk impor, terutama dari Tiongkok.

Ia juga melihat di pabrik garment ini yang meski memakai bahan tekstil impor, tapi seluruh proses produksi hingga pemasaran dilakukan oleh tenaga kerja lokal dan hanya dipasarkan di dalam negeri. Ini kebutuhan dalam negeri sudah mencukupi, dan perusahaan tetap optimis bahwa industri garmen bisa hidup asalkan mampu bersaing dengan kualitas dan inovasi.

"Saya tanya kenapa tidak diekspor? Ternyata untuk kebutuhan dalam negeri sudah mencukupi, ada optimisme dari pengusaha garmen kalau garmen bisa hidup asalkan bisa bersaing," kata Luthfi.

Menurut Luthfi, salah satu tantangan utama di sektor tenaga kerja saat ini bukanlah minimnya lapangan pekerjaan, melainkan kurangnya sumber daya manusia yang siap pakai. Maka membutuhkan lebih banyak Balai Latihan Kerja (BLK) yang tersebar di berbagai daerah. 

Dengan adanya BLK, pencari kerja bisa mendapatkan pelatihan yang memadai sebelum memasuki dunia kerja, sehingga lebih siap bekerja di industri garmen atau sektor lainnya.

"Ke depan kita harus punya BLK Balai Latihan Kerja di mana-mana, sehingga para pencari kerja dilatih dulu. Jadi mereka siap kerja di garment atau di mana saja," tegasnya.(TJ)