Musim Layang-Layang, PLN Imbau Jangan Dekat Jaringan Listrik

Layang-layang tersangka di kabel listrik.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang

Musim panas sejak Mei hingga September ini menjadi waktu yang bagus bagi penggemar layang-layang. Tak jarang jika warga tua muda terlihat berada di tanah lapang maupun tempat terbuka lainnya untuk bermain layang-layang.

Sayangnya, kadang sebagian warga tak begitu peduli dengan keamanan karena bermain layang-layang dekat jaringan kabel listrik yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan listrik padam.

Data di PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta mencatat, frekuensi gangguan akibat layang-layang meningkat dalam kurun waktu 1 bulan terakhir, sejak Agustus hingga September 2023.

"Dari total 224 kali gangguan kelistrikan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sebanyak 31 gangguan disebabkan oleh layang-layang. Bahkan dari sisi Saluran Udara Tegangan Tinggi/ Ekstra Tinggi (SUTT/SUTET) terdapat total 14 gangguan dimana dari jumlah tersebut 13 gangguan disebabkan oleh layang-layang," jelas Mochamad Soffin, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta.

Pihaknya pun mengimbau kepada masyarakat untuk dapat bijak dan lebih berhati-hati dalam bermain layang-layang. Terutama bagi orangtua untuk bisa mengedukasi putra-putrinya mencari lokasi yang lapang dan jauh dari jaringan listrik saat bermain layang-layang.

"Jangan menggunakan layang-layang atau senar yang berbahan konduktor seperti kabel tembaga, besi atau alumunium," ungkapnya.