Begini Kronologi KA Probowangi Vs Minibus Elf yang Tewaskan 11 Orang

Ilustrasi KA di perlintasan sebidang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Lumajang – Insiden kecelakaan antara KA Probowangi dengan minibus Isuzu Elf di perlintasan kereta api Lumajang menewaskan 11 orang dan beberapa lainnya luka-luka. Lalu bagaimana kecelakaan tersebut bisa terjadi?

Pajero Tabrak Hantam Truk Dari Belakang di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Tewas

Melansir tvonenews.com, Kasi Humas PT KAI DAOP 9 Anwar Yuli Prasetyo mengungkapkan kronologinya.

Awalnya pada Minggu (19/11/2023), rombongan penumpang minibus Elf dari Sidoarjo sedang perjalanan dari Jember menuju pulang ke Sidoarjo. Tepatnya km 138 Petak Jalan Randuagung, akan melintas KA Probowangi.

Libur Idul Adha, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 98 Ribu Kursi ke Berbagai Kota Tujuan

Menurut keterangan, masinis sudah menjalankan lampu dan membuktikan klasik sesuai prosedur. Namun tiba-tiba mobil muncul dari arah samping tanpa berhenti terlebih dahulu dan langsung menembus dan berada di rel kereta api. Maka terjadilah peristiwa itu.

Berdasarkan informasi diterima jumlah korban mencapai 15 orang, dengan menewaskan 11 orang dan sisanya luka-luka.  Korban sudah dievakuasi ke rumah sakit terdekat dengan lokasi kecelakaan.

KA Banyubiru Layani Penumpang di Stasiun Telawa Boyolali, Catat Tanggalnya

"Kronologi peristiwa tabrakan berdasarkan informasi dari masinis, pihak masinis sudah membunyikan klakson lokomotif namun tiba-tiba mobil muncul dari arah samping tanpa berhenti terlebih dahulu, tapi langsung menembus dan berada di rel kereta api," jelasnya.

Setelah kejadian, lanjutnya, masinis sempat menghentian kereta api untuk memeriksa rangkaian. Setelah dipastikan aman, masinis kembali melaju ke stasiun selanjutnya dan melaporkan kejadian tersebut di stasiun tersebut. Masinis juga sempat memeriksa dan pengaman lokomotif sempat turun beberapa senti. Namun setelah diperiksa pengaman lokomotif tersebut dinyatakan aman dan perjalanan kereta api kembali dilanjutkan.

Halaman Selanjutnya
img_title