Kasus COVID-19 di Indonesia Melonjak Lagi, Apa Penyebabnya?

Warga Semarang saat vaksinasi COVID-19.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Jakarta – Kasus COVID-19 kembali merebak di berbagai negara. Termasuk di kawasan regional Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Lalu mengapa COVID-19 yang mana status pandemi sudah tak lagi ada kini kembali mencuat?

Jadwal Piala AFF U-16 2024, Indonesia Yakin Menang, Singapura Tidak Takut

Mengutip dari tvonenews.com, dokter dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Annisa Dian Harlivasari mengatakan, penyebab kenaikan kasus COVID-19 di Indonesia saat ini karena virus menular tersebut bersifat musiman. Yang mana COVID-19 maupun virus lainnya merupakan makhluk hidup dan akan bertahan hidup, salah satunya dengan melakukan mutasi.

"Kalau misalnya kita saat ini menghadapi lonjakan kasus, ya memang itu biasanya itu adalah musiman," jelasnya di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Prakiraan Cuaca Bandung Rabu 1 Mei 2024, Hujan Ringan Bakal Mengguyur di Pagi Hari

Yang menyebabkan COVID-19 bersifat musiman, lanjutnya, karena biasanya perubahan cuaca dan perubahan dari mobilitas masyarakat. Dan ke depannya Indonesia bakal menghadapi kenaikan penyakit infeksi, salah satunya COVID-19.

"Kita enggak bisa istilahnya kok COVID-19 ada lagi. COVID tuh akan selalu ada, tetapi saat ini lonjakannya tidak mengakibatkan penyakit yang berat," ungkapnya.

Prakiraan Cuaca Yogyakarta Rabu 1 Mei 2024, Asyik Buat Kerja dan Wisata

Annisa yang bertugas di Sub Bagian PDPI Kelompok Kerja Penyakit Paru Akibat Kerja menyebutkan bahwa vaksinasi hanya bisa menurunkan angka kasus COVID-19. Terkait varian apa yang sekarang merebak, pihaknya masih menunggu data-data pasien yang terkonfirmasi positif virus menular itu.

"COVID-19 saat ini bakal menyerang kelompok yang rentan. Antara lain usia di atas 60 tahun, pasien-pasien dengan komorbid, serta orang yang tidak memiliki pola hidup sehat termasuk perilaku merokok," kata Annisa.

Halaman Selanjutnya
img_title