Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas Guguran Pada Kamis Pagi, Warga Diminta Jauhi Daerah Bahaya

Awan panas di Gunung Merapi Jateng DIY.
Sumber :
  • BPPTKG

Viva Semarang, Yogyakarta Gunung Merapi di perbatasan Jateng-DIY kembali meluncurkan awan panas guguran pada hari ini, 12 September 2024 pada pukul 10:24 WIB. 

Hati-Hati, Gunung Merapi Dua Kali Luncurkan Awan Panas Wedus Gembel Senin Malam Tadi

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta merilis data perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang hingga kini masih berada dalam sstatus siaga atau level III. 

"Terjadi Awan Panas Guguran di Gunung Merapi Kamis , 12 September 2024 pada pukul 10:24 WIB dengan Amplitudo maks 63 mm, durasi 122 detik, estimasi jarak luncur 1200 meter ke arah Barat Daya (Kali Bebeng). Arah angin ke Utara . Visual Gunung Merapi Berkabut," tulis BPPT di akun X resminya, Kamis (12/9/24).

Gunung Merapi Luncurkan Lava Sejauh 1,8 Kilometer ke Kali Boyong Pada Senin Pagi

BPPTKG mengimbau agar masyarakat menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan. 

Pertama, potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Boyong sejauh maksimal 5 kilometer. Kemudian Sungai Bedog, Krasak, Bebeng sejauh maksimal 7 kilometer. 

Gunung Merapi Luncurkan Lava Pijar 24 Kali Sehari Semalam, Status Tetap Siaga

Pada sektor tenggara meliputi Sungai Woro sejauh maksimal 3 kilometer dan Sungai Gendol 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Yang kedua, data pemantauan menunjukkan suplai magma masih berlangsung yang dapat memicu terjadinya awan panas guguran di dalam daerah potensi bahaya.

Halaman Selanjutnya
img_title