Kemacetan Kembali Terjadi di Tol Semarang Jelang Libur Natal

Kemacetan di jalan tol Semarang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Semarang – Arus kendaraan di masa libur Nataru hari Minggu (24/12/23) di Semarang terpantau sangat padat. Baik di jalan tol maupun jalan arteri terjadi kemacetan yang membuat antrean kendaraan merayap di beberapa titik. Antara lain di jalan tol Semarang Jatingaleh, jalan arteri Ungaran arah Solo, jalan arteri Bawen, dan Ambarawa.

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

Arus lalu lintas kendaraan yang masuk Jawa Tengah mengalami peningkatan menjelang masa libur Natal. Ribuan kendaraan memenuhi jalan dan terpantau bergerak melambat di sejumlah titik jalan tol.

Terkait peningkatan arus kendaraan tersebut, Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Satake Bayu Setianto, pada Minggu (24/12/2023) menjelaskan, hal ini sudah diprediksi, sehingga Polda Jateng mengntisipasi dengan menyebar tim urai di titik-titik rawan macet baik di jalur arteri maupun jalan tol.

Nelayan Tenggelam Saat Buru Kepiting di Laut Rembang, Masih Dicari Tim SAR, Ini Identitasnya

"Misalnya di Semarang, tim urai telah disebar ke daerah yang rawan kepadatan lalu lintas seperti Bawen dan arah Demak. Sedang di kawasan tol, tim urai disebar di empat titik antara lain di kawasan tol area Kalikangkung, Manyaran, Jatingaleh dan Banyumanik," jelasnya.

Sementara itu, arus kendaraan di Gerbang Tol Kalikangkung juga terjadi peningkatan yang cukup signifikan.

Wah Kekayaan Daerah Jateng Naik Rp658,01 Miliar

Berdasar data dari Polda Jateng, diketahui kendaraan yang keluar masuk melalui pintu tol Kalikangkung didominasi kendaraan yang bergerak menuju arah Semarang - Solo. Data masuk per Sabtu (23/12/23) jam 23.59 malam, jumlah kendaraan yang exit dari arah Jakarta menuju arah Semarang - Surakarta mencapai 51.567 kendaraan. Paling padat terjadi pukul 15.00 -16.00 WIB, yang mana kendaraan yang exit menuju arah Semarang-Solo mencapai 3068 kendaraan per jam.(TJ)