Kronologi Bus Shantika Sampai Bisa Terjun Bebas di Jalan Tol Pemalang

Bus Shantika yang kecelakaan di tol Pemalang.
Sumber :
  • Istimewa

Viva Semarang – Bus PO Shantika terjun bebas dan jatuh dari ketinggian 10 meter di ruas tol Pemalang kemarin. Bus jurusan Jakarta-Jepara itu, kemudian terhempas dan terbalik di jalan underpass bawah jalan tol.

Pajero Tabrak Hantam Truk Dari Belakang di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Tewas

Ada 2 orang penumpang meninggal dunia, sedangkan 18 penumpang lainnya termasuk supir dan kernet mengalami luka berat dan ringan. Para korban dibawa ke RS Comal Baru, Pemalang.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Satake Bayu mengungkapkan, peristiwa terjadi di ruas tol Pemalang KM 320+800, pada Sabtu (21/1/24) jam 12.30 WIB.

Diduga Rem Blong, Truk Seruduk Motor Dan Mobil 2 Orang Terluka

Kronologinya, semula bus PO Shantika bernopol K 1736 CB melaju dari arah barat (Jakarta) ke arah timur (Semarang). Bus melaju tanpa hambatan hingga melewati Kecamatan Pemalang. Tapi sesampai di KM 320+800 jalan tol yang masuk wilayah Kecamatan Ampelgading Pemalang, bus oleng.

"Diduga sopir tidak fokus saat mengemudikan kendaraaannya kemudian oleng ke kiri dan membentur goadril. kemudian bus terperosok di bawah underpas pedesaan," jelas Satake lewat pesan kepada Viva.

Suasana Duka Selimuti Keluarga Korban Pesawat Jatuh Di BSD Serpong

Posisi jalan tol yang berketinggian 10 meter dari tanah, membuat bus terlempar dan terjun bebas ke jalan kampung di bawahnya. Warga yang tahu kejadian langsung berupaya memberi pertolongan. Tapi karena kondisi bus terbalik dan ringsek, warga pun minta bantuan dengan melaporkan ke petugas kepolisian dan tim SAR terdekat.

Petugas yang datang kemudian melakukan upaya pertolongan dan mengevakuasi korban dengan peralatan SAR. Dari laporan kepolisian Pemalang, ada 2 orang penumpang meninggal dunia warga Pati dan Kudus. sedangkan 18 penumpang lainnya luka-luka dan dibawa ke RS Comal Baru.(TJ)