Ada Robot Terbang, Ini Kekuatan Basarnas Untuk Amankan Arus Mudik dan Lebaran 2024

Pembukaan SAR Lebaran 2024 Basarnas.
Sumber :
  • Istimewa

Viva Semarang, Jakarta – Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengerahkan kekuatan pasukannya untuk mengamankan arus mudik dan Lebaran 2024. Tak tanggung-tanggung, ribuan personil yang dilengkapi peralatan lengkap ditempatkan di seluruh Indonesia, termasuk robot udara yang bakal memantau pergerakan arus mudik maupun kebutuhan SAR lainnya. 

Tim SAR Temukan Warga Wonosobo yang Tenggelam di Sungai Serayu Banjarnegara

Apa saja kekuatan SAR Lebaran 2024

Sebelumnya, Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2024 diawali dengan gelar pasukan di Gedung Basarnas, Jakarta, Rabu 3 April 2024. Siaga SAR tersebut akan berlangsung dari 3 April hingga 19 April 2024. 

Sungai Serayu Makan Korban, Warga Wonosobo Terseret Arus dan Belum Ketemu

Kepala Basarnas Marsdya TNI Kusworo menegaskan, Siaga SAR Khusus Lebaran yang rutin dilaksanakan setiap menjelang dan pascalebaran adalah wujud kesiapsiagaan tim SAR dalam menghadapi kedaruratan selama Lebaran. 

“Basarnas siap memberikan pelayanan SAR yang optimal kepada masyarakat, dimanapun, kapanpun, dan kepada siapapun yang membutuhkan,” tegas Kusworo. 

Tercebur Sumur, Dua Kakak Beradik Teriak Minta Tolong, Lokasi Magelang

Lanjut Kusworo, bahwa Basarnas melaksanakan operasi SAR, yaitu mencari, menolong, menyelamatkan, dan mengevakuasi korban pada kecelakaan pesawat, kecelakaan kapal, kecelakaan dengan penanganan khusus, bencana pada fase tanggap darurat, dan kondisi membahayakan manusia. 

Orientasi Siaga SAR Khusus Lebaran, tambahnya, dalam rangka memberikan respon pelayanan SAR yang cepat, tepat, dan terukur sesuai motto Basarnas Quick Action, Satu Jiwa Satu Rasa. 

Halaman Selanjutnya
img_title