PBNU Buka Pendaftaran Beasiswa Santri Untuk Kuliah di Maroko, Uang Kuliah, Biaya Hidup Semua Gratis

Ilustrasi suasana di Maroko.
Sumber :
  • IG Rabat

Viva Semarang – Kabar gembira bagi kamu yang ingin kuliah di luar negeri, khususnya di negara Islam. Karena Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) membuka kembali pendaftaran beasiswa santri yang ingin belajar di Maroko.

Melansir nuonline, program beasiswa ini adalah kerja sama antara PBNU dengan Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Islam Kerajaan Maroko di bidang pendidikan. Pendaftaran dibuka dari tanggal 13 Mei sampai dengan 21 Mei 2024.

“Pendaftaran dibuka kembali, kali ini hanya bisa dilakukan oleh pondok pesantren. Jadi, ketika pondok pesantrennya itu punya izin operasional dan mendapatkan rekomendasi dari PCNU atau RMI PCNU setempat, pesantren itu baru boleh mendaftarkan santri-santrinya,” jelas Ketua Rabithah Ma'ahid Islamiyah (RMI) PBNU, KH Hodri Ariev.

Ia menambahkan, ada tambahan persyaratan untuk calon pelamar beasiswa yakni hafalan Al-Qur’an menjadi 8 juz dan hafalan hifdzul mutun.

“Untuk persyaratan mungkin ada tambahan, hafalan Al-Qur’an tadinya 7 jadi 8 juz sama hifdzul mutun. Hifdzul mutun maksudnya matan Alfiyah, Jurumiyah, Amrithi, tapi itu opsional,” jelasnya.

Pendaftaran beasiswa ke Maroko ini, lanjutnya, tidak dikenakan biaya alias gratis. Beasiswa meliputi biaya kuliah, biaya tempat tinggal, uang makan, dan uang saku bulanan.

Berikut daftar perguruan tinggi pada program beasiswa Maroko-PBNU tahun 2024-2025: