Kebakaran Gunung Telomoyo Bisa Dipadamkan, Cek Kondisi Jalur Wisata ke Puncaknya

Dari Gunung Andong bisa melihat Gunung Telomoyo.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Gunung Telomoyo di perbatasan Semarang-Magelang Jawa Tengah, terbakar pada Rabu (18/9/24) petang kemarin. Petugas gabungan bersama relawan dikerahkan untuk melakukan upaya pemadaman. 

Kapolsek Getasan, Kabupaten Semarang, AKP Agus Pardiyono Marinus menginformasikan, tim pemadam kebakaran area lahan di lereng Gunung Telomoyo merupakan gabungan dari BPBD Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kota Salatiga didukung personil TNI Polri dari Polsek Getasan, Koramil Getasan, dan Polres Semarang, Perhutani, serta relawan.

Proses pemadaman dengan melakukan melokalisir area kebakaran agar api tidak meluas.

"Upaya itu bisa melokalisir area kebakaran, dan sekitar jam satu dinihari tadi sudah bisa dipadamkan," kata Marinus kepada Viva Semarang, Kamis (19/9/24).

Ia menambahkan, lokasi kebakaran Gunung Telomoyo berada jauh dari pemukiman maupun kawasan wisata Semarang dan Magelang itu. Yang terbakar adalah rumput kering dan tidak meluas karena sudah bisa dilokalisir.

"Iya, itu lokasinya jauh dari pemukiman, di lereng atas," katanya.

Kebakaran Gunung Telomoyo ini langsung mendapat respon ramai di media sosial. Maklum saja, wisata Gunung Telomoyo memang sedang jadi primadona karena keindahannya, dan bisa dijangkau kendaraan hingga sampai di puncaknya.