Klaten Kaya Mata Air, Tapi Ada Warganya Mengeluh Kekurangan Pasokan Air PDAM Sejak 3 Bulan

Warga demo di Kantor PDAM Karanganom Klaten.
Sumber :
  • tvone

Viva Semarang, Sepak Bola – Kabupaten Klaten Jawa Tengah terkenal dengan sumber airnya yang melimpah. Ada banyak. Sekali mata air yang mengalir sepanjang tahun, bahkan di musim kemarau pun tak pernah habis. 

Lihat saja di Kecamatan Tulung, Polanharjo, Karanganom, Delanggu, serta Jatinom. Banyak umbul atau mata air yang sangat bening dan mengalir tanpa henti. Sampai-sampai dibuat kolam renang seperti Umbul Ponggok, hingga pabrik air mineral perusahaan besar di Umbul Cokro. 

Tapi sayangnya, itu tak berarti warganya selalu kecukupan air. Bahkan ada sebagain warga yang tinggal di kecamatan yang dekat dengan mata air justru sudah selama 3 bulan ini kekurangan air.

Itu dirasakan warga di Kecamatan Karanganom. Mereka tak puas dengan pelayanan air bersih PDAM yang selama 3 bulan ini sering macet pada siang hari. 

Mereka pun melakukan unjuk rasa demo di kantor PDAM Tirta Merapi Cabang Utara di Desa Jurangjero, Kecamatan Karanganom, Klaten, Jawa Tengah, pada Selasa (6/8/2024).

Mengutip dari tvOnenews, warga demo PDAM ini karena jengkel sudah tiga bulan ini suplai air bersih macet. Ratusan warga datang ke kantor PDAM dengan membawa galon dan tandon air kosong sebagai ungkapan protes.

Salah satu warga, Mujiyono mengaungkapkan, air PDAM hanya mengalir saat tengah malam. Tapi kalau siang, air tersendat bahkan tidak mengalir sama sekali.