Smartphone Samsung dan Xiaomi yang Sudah Bisa Pakai eSIM di Indonesia, Tak Perlu Gonta-Ganti Kartu

Ilustrasi fitur eSIM di smartphone.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva SemarangTeknologi smartphone semakin cepat berkembang dan semakin canggih. Bahkan kini untuk berkomunikasi maupun mengakses internet via smartphone tak lagi harus menggunakan SIM Card, karena ada teknologi yang lebih fleksibel lagi, yaitu eSIM.

Beli iPhone 13 Sekarang, Dapat Diskon Hingga Rp 5,5 Juta di iBox, Buruan Mumpung Murah

Nah, eSIM atau lengkapnya embedded SIM adalah pengembangan teknologi kartu SIM tanpa bentuk fisik kartu. Jadi eSIM adalah chip yang tertanam di dalam smartphone, sehingga kamu tidak perlu menggunakan kartu SIM lagi.

Teknologi ini memungkinkan pengguna gadget lebih fleksibel berganti operator dan mengaktifkan paket data. Bahkan bisa digunakan untuk nomor internasional tanpa harus mengganti kartu SIM seperti sebelumnya.

Siap-Siap, Poco F6 Segera Masuk Indonesia, Sudah Pamau Snapdragon 8s Gen 3

Pengguna gadget bisa menggunakan jasa provider dengan sistem otentikasi digital, sehingga bisa mengakses komunikasi tanpa kartu fisik. Gampangnya, cukup gunakan satu provider terintegrasi tanpa repot bongkar pasang dan gonta-ganti SIM Card.

Beberapa keuntungan menggunakan teknologi eSIM antara lain, lebih praktis karena tak perlu lagi comat-comot slot kartu SIM. Kemudian, tidak ada risiko kartu SIM hilang atau rusak, sekaligus juga menghemat ruang smartphone.

Memori HP Android Habis Bikin Jengkel, Ini Cara Cepat Mengatasinya

Selain itu, pengguna gadget juga lebih mudah berganti operator tanpa perlu mengganti kartu SIM, serta bisa menggunakan nomor telepon sebuah negara tanpa perlu membeli kartu SIM setempat.

Nah, teknologi eSIM ini biasanya baru tersemat di smartphone flagship atau smartphone kelas atas yang tentunya harganya cukup mahal. Tapi itu sebelumnya  Karena sekarang smartphone kelas menengah dengan harga relatif lebih terjangkau pun sudah tersemat teknologi eSIM.

Halaman Selanjutnya
img_title