Ekonomi Kendal Meningkat, Pengamat Sebut Bupati Dico Layak Jadi Gubernur Jateng

Dico saat acara Ngegas Jateng di Semarang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Nama Dico Ganinduto menjadi salah satu yang banyak disebut pada bursa Pilgub Jawa Tengah 2024. Pengamat menilai, kepemimpinan Bupati Dico Ganinduto selama tiga tahun terakhir 2021-2023, menunjukkan perkembangan bagus. Tercatat nilai investasi Kabupaten Kendal pada tahun 2023 berhasil mencapai 4,16 Triliun.

Mantap, 20 UMKM Jateng Akan Temu Bisnis Dengan 35 Konjen dan 18 Buyer di Bali

"Jadi ini mengindikasikan ekonomi di Kendal tumbuh secara signifikan juga, artinya dia memberikan kesejahteraan kepada masyarakatnya," kata Pengamat Kebijakan Publik Trubus Rahardiansah kepada wartawan, Minggu 9 Juni 2024.

Menurutnya, masyarakat di Kendal juga mengalami kesejahteraan yang baik dan memadai. Sementara itu, disatu sisi juga mengalami tingkat kebahagiaan yang sangat baik.

Cegah Narkoba, Pj Gubernur Jateng Gagas Lomba Desa Bersinar

"Kemudian juga ada tingkat kecukupan ekonomi dan sosial itu baik, jadi itu yang menyebabkan Kendal itu menempati IPM tertinggi di Jawa Tengah. Karena IPM itu juga diukur dari kebahagiaan, kemudian akses dalam pembangunan, termasuk penciptaan lapangan kerja gitu," ungkap Tribus.

Ia menilai bahwa Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bagus yang mencapai 24 persen di tahun 2023 dibandingkan dengan tahun 2022.

Pj Gubernur Jateng Sebut Pilkada Serentak 2024 Lebih Rawan Dibanding Pilpres, Ini Antisipasinya

"Bupati dalam hal ini tampaknya berhasil melakukan sinergitas antar dinas maupun dengan stakeholder lainnya, bisa pengusaha, masyarakat dan lain sebagaimana," katanya. 

Lebih lanjut Trubus menjelaskan bahwa di satu sisi pertumbuhan ekonominya dilihat sejauh mana masyarakat mampu memperoleh kebahagiaan, prasarana dan akses yang memadai.

Halaman Selanjutnya
img_title