BMKG Prakirakan Lereng Merapi Hujan Lebat Hari Ini, Waspadai Lahar Dingin

Data BMKG cuaca di Merapi.
Sumber :
  • BMKG

SemarangBMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang merilis prospek cuaca di kawasan Gunung Merapi yang berlaku Kamis tanggal 7 Desember 2023 pukul 07.00 WIB hingga Jumat 8 Desember 2023 pukul 07.00 WIB.

Sekarang Saatnya Melihat Dieng Tertutup Es, Jangan Sampai Momen Terlewat

Kawasan tersebut diprediksi akan diguyur hujan lebat disertai badai terutama di sisi selatan dan barat daya. Warga yang berada di kawasan tersebut diminta waspada mengingat hujan lebat berpotensi menimbulkan banjir lahar dingin.

Data BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang menyebutkan hujan lebat disertai badai bisa terjadi lereng Merapi terutama yang masuk wilayah Kapanewon Pakem dan Cangkringan yang masuk Kabupaten Sleman. Kemungkinan hujan badai diprediksi antara pukul 13.00 WIB hingga sore hari.

Prakiraan Cuaca Solo Jawa Tengah Kamis 30 Mei 2024, Hangat dan Nyaman Untuk Beraktivitas

Sementara di lereng Merapi sisi lainnya, hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB di lereng barat dan barat laut, yaitu di wilayah Kecamatan Sawangan, Pakis, dan Dukun Kabupaten Magelang.

Juga di lereng Merapi sisi utara dan timur yaitu di Kecamatan Selo dan Musuk Kabupaten Boyolali, berpotensi hujan sedang hingga lebat pada pukul 13.00 WIB hingga 19.00 WIB.

Prakiraan Cuaca Semarang Jawa Tengah Kamis 30 Mei 2024, Cerah Berawan Tanpa Hujan

Prakirawan Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang, Syifaul Fuad menginformasikan, kecepatan angin di wilayah tersebut dipeakirakan 20 hingga 40 km/jam, dengan suhu udara berkisar 25⁰C di malam hari dan 33⁰C di siang hari.(TJ).