Kirab Ki Ageng Pandanaran Meriah di Semarang, Wali Kota: Ini Jadi Penyemangat Membangun

Wali Kota Semarang saat hadir di Festival Ki Ageng Pandanaran
Sumber :

Viva Semarang – Kirab budaya dalam rangka Haul ke-522 Ki Ageng Pandanaran sukses digelar di Pendopo Makam Sunan Pandanaran pada Sabtu (27/7/2024). Arak-arakan pusaka peninggalan Ki Ageng Pandanaran dan beragam kekayaan budaya Nusantara ditampilkan pada acara tersebut. 

Mencegah Penyebaran Rabies, Pemkot Semarang Gelar Vaksinasi dan Sterilisasi Gratis

Ki Ageng Pandanaran sendiri ialah Bupati Semarang pertama yang diangkat oleh Sultan Demak Bintara sekaligus ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam di daerah Semarang.

 

Gandeng BRIN, Wali Kota Semarang Tanam Bawang Merah Lokananta

“Alhamdulillah hari ini ada haul Ki Ageng Pandanaran yang ke-522 yang merupakan satu upaya kita nguri-uri budaya. Ini menjadi satu penyemangat untuk kita semuanya, bahwa Ki Ageng Pandanaran sebagai inspirator. Beliau babad alas Kota Semarang pada zaman dulu kala yang mungkin tidak ada fasilitas-fasilitas apapun, tetapi beliau bisa membangun kota Semarang. Harapannya kita-kita ini juga bisa melanjutkan membangun kota Semarang ini untuk semakin lebih hebat,” ungkap wali kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

 

Pikat Wastra Nusantara Ramaikan Festival Kota Lama Semarang 2024

Menurut Mbak Ita, sapaan akrabnya, melalui kegiatan kirab budaya ini, masyarakat tidak hanya diajak mengenang jasa-jasa Ki Ageng Pandanaran, tetapi juga memperkuat identitas dan jati diri sebagai warga Kota Semarang. Hal ini sekaligus menunjukkan kepada dunia bahwa Kota Semarang adalah kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan toleransi.

 

Halaman Selanjutnya
img_title