Peringatan Dini BMKG, Hujan Sangat Lebat Bakal Terjadi di Daerah Ini Pada 29 Juli 2024

Ilustrasi cuaca hujan ringan.
Sumber :
  • Dok

Viva Semarang – Hujan di musim kemarau masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia, pada Hari Senin 29 Juli 2024 ini, dengan intensitas yang bervariasi. 

Prakiraan Cuaca BMKG Senin 2 September 2024, Kota-Kota di Jawa Berudara Kabur, Kotamu Masuk Nggak?

Peringatan dini cuaca oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, Indonesia saat ini berada dalam periode musim kemarau, tapi tidak menutup kemungkinan terjadi hujan beberapa wilayah. 

Potensi hujan terutama sore hari berpeluang terjadi di wilayah Sulawesi, Kalimantan, Nusa Tenggara, Bali, Sumatera dan Jawa Timur. Ini karena daerah-daerah tersebut sudah mencapai puncak musim kemarau, sehingga mulai menuju ke musim hujan. 

Pemprov Jateng Keluarkan Surat Edaran Waspada Ancaman Gempa Megathrust

Satu catatan, potensi hujan sangat lebat di Sumatera Utara bisa terjadi hari ini. 

Mengutip dari laman resmi BMKG, terjadi pelemahan monsun Australia yang menyebabkan pergeseran massa udara kering dari selatan Indonesia hingga ke selatan Pulau Jawa.

Gempa Guncang Yogyakarta, Warga Berhamburan Lari dari Dalam Rumah

Faktor pemanasan skala lokal juga memberikan pengaruh signifikan dalam proses pengangkatan massa udara dari permukaan bumi ke atmosfer.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem, meskipun secara umum Indonesia masih berada dalam musim kemarau.

Halaman Selanjutnya
img_title