Mantap, KIK Kendal Jadi Rumah Komponen Baterai Lithium Terbesar Kedua di Dunia

Presiden Jokowi keliling pabrik komponen litium di KIK Kendal.
Sumber :
  • Dok

Viva Semarang – Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini, Rabu (7/8/24) meresmikan pabrik komponen baterai lithium terbesar di Kawasan Industri Kendal (KIK) Jawa Tengah.

Nana Sudjana Optimistis Jateng Naik Peringkat di Pada PON XXI

Pabrik litrhium bernama PT Indonesia BTR New Energy itu menggelontorkan investasi sebesar Rp 7.8 triliun. Ini menjadikan Kawasan Industri Kendal mencatat pencapaian signifikan yaitu 64% dari total target investasi tahun 2024.

Peresmian PT BTR dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Investasi dan Penanaman Modal Bahlil Lahadalia, Pj Gubernur Jawa Tengah, dan Bupati Kendal Dico Ganinduto.

Intervensi Baznas Jateng Mampu Turunkan Stunting dan Kemiskinan

Dengan pencapaian ini, KIK Kendal semakin memperkokoh posisinya sebagai salah satu pusat pertumbuhan industri terdepan di Indonesia, dengan total investasi yang mencapai Rp 78,4 triliun dalam tiga tahun ini.

Presiden Jokowi resmikan pabrik lithium di KIK Kendal.

Photo :
  • Dok
Mencegah Penyebaran Rabies, Pemkot Semarang Gelar Vaksinasi dan Sterilisasi Gratis

Menariknya, kehadiran PT Indonesia BTR New Energy akan menaruh Indonesia menjadi produsen komponen baterai lithium terbesar kedua dengan kapasitas 160.000 ton di akhir Tahap II.

Keberhasilan KIK Kendal dalam menarik investasi besar sepanjang tahun 2024 menjadi bukti nyata dari sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan sektor swasta.

Halaman Selanjutnya
img_title