Merapi Hujan Deras Siang Ini, BPPTKG Ingatkan Bahaya Banjir Lahar

Pantauan Merapi BPPTKG.
Sumber :
  • BPPTKG

Viva Semarang – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menginformasikan potensi bahaya lahar, seiring turunnya hujan lebat pada Kamis (25/1/24) siang di lereng Gunung Merapi. Masyarakat diminta waspada bahaya lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan potensi awan panas.

Prakiraan Cuaca Bandung Minggu 5 Mei 2024, Pagi Cukup Cerah, Sorenya Hujan

"Terjadi hujan di lereng barat daya Merapi mulai pukul 14:01 WIB dengan total curah hujan 5.60 mm. Hujan masih berlangsung saat ini. Waspada bahaya lahar di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dan awan panas guguran di daerah potensi bahaya," demikian ditulis akun resmi @BPPTKG di platform X pada Kamis 25 Januari 2024 yang diupload pukul 14.47 WIB.

BPPTG juga mengimbau masyarakat untuk menjauhi daerah bahaya yang direkomendasikan.

Prakiraan Cuaca Bogor Minggu 28 April 2024, Cek Dulu Infonya Sebelum Berlibur ke Puncak

Badan Geologi telah melakukan evaluasi terkait dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Hingga saat ini status aktivitas masih ditetapkan pada tingkat "SIAGA". Artinya, zona bahaya kini mencakup 4,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Sebelumnya diberitakan, aktivitas vulkanik Gunung Merapi meningkat dam beberapa hari ini. Terjadi beberapa kali luncuran awan panas yang mencapai jarak sekitar dari 1,8 kilometer. (TJ)

Prakiraan Cuaca Surabaya Minggu 28 April 2024, Cerah di Pagi Hari Nyaman untuk Olahraga