Survey Terbaru Indikator : Prabowo-Gibran Unggul 56 Persen di Jawa Timur

Grafik survey Indikator Politik.
Sumber :
  • Dok

Viva Semarang - Lembaga survey Indikator Politik merilis hasil survey pasangan capres-cawapres di Jawa Timur hari ini, Kamis (1/2/24). Survey dilakukan pada rentang waktu 14-19 Januari 2024 dengan melibatkan 810 responden secara random proporsional setiap kabupaten/kota di Jawa Timur.

Menang Pilpres, Prabowo Subianto : Saatnya Bersatu dan Bekerja Untuk Rakyat

Hasilnya, lewat survey simulasi surat suara 3 pasangan calon, hasilnya pasangan Prabowo-Subianto unggul jauh dengan meraih 56,2 persen. Angka ini naik dari hasil survey sebelumnya bulan Desember di Jawa Timur, yang mana waktu itu Prabowo-Gibran meraih 47 persen.

Di posisi 2 adalah pasangan Ganjar-Mahfud yang meraih 19,9 persen. Turun signifikan dibanding survey Desember yang mana waktu itu Ganjar-Mahfud meraih 24,7 persen.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

Sementara pasangan Anies-Muhaimin meraih 15,7 persen, atau turun tipis dari survey Desember yang mencapai angka 16,6 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik, Burhanuddin Muhtadi mengungkapkan, naiknya angka hasil survey Prabowo-Gibran jika dilihat dari grafik, didapat dari swing voter pada survey sebelumnya dan dari peralihan pemilih Ganjar-Mahfud pada survey sebelumnya.

Wisatawan Cina Jatuh di Kawah Ijen Banyuwangi Saat Foto di Tepi Jurang

Sementara suara Anies-Muhaimin cenderung stabil meski turun tapi sangat tipis.

Kenaikan angka hasil survey Prabowo-Gibran berpengaruh besar pada hasil survey angka elektabilitas partai Gerindra di Jawa Timur. Sementara turunnya angka Ganjar-Mahfud juga diikuti turunnya angka elektabilitas hasil survey PDIP di Jawa Timur. Begitu juga pada pasangan Anies-Muhamin yang stabil, sama dengan raihan PKB yang juga relatif stabil.(TJ)