Cuaca buruk Landa di Solo, Dua Pesawat dari Jakarta dan Bali Terpaksa Mendarat di Semarang

Bandara Ahmad Yani Semarang.
Sumber :
  • Dok

Viva SemarangCuaca buruk melanda wilayah Solo dan sekitarnya pada hari ini, Selasa (5/3/24) sore. Akibatnya, lalu lintas penerbangan di Bandara Adi Soemarmo Solo terganggu. Dan pesawat dialihkan pendaratannya di Bandara Ahmad Yani Kota Semarang.

Tarif Cuma Rp 8 Ribu, Ini Jadwal Lengkap KRL Commuter Solo-Yogyakarta Andalan Wisatawan

Info dari pengelola Bandara Ahmad Yani Semarang, ada dua pesawat yang menuju Bandara Adi Soemarmo Solo telah dialihkan dan mendarat dengan selamat di Bandara Ahmad Yani pada Selasa sore sekitar pukul 16.45 WIB.

Sementara itu, dari pihak maskapai Lion Group menjelaskan bahwa pada Selasa (5/3/24), ada dua penerbangan, yaitu Batik Air dengan nomor ID 7368 yang berangkat dari Jakarta menuju Solo dan Lion Air bernomor JT 925 yang berangkat dari Bali menuju Solo, mengalami pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif, yaitu Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani yang berlokasi di Semarang.

Prakiraan Cuaca Solo Sabtu 11 Mei 2024, Berawan dengan Suhu Panas Capai 34 Derajat

"Alasan utama pengalihan pendaratan atau divert ini adalah kondisi cuaca yang kurang baik di Bandar Udara Adi Soemarmo, yang berakibat jarak pandang yang pendek. Jarak pandang yang tidak memadai ini tidak memenuhi standar keselamatan dan operasional yang ditetapkan untuk penerbangan, sehingga pendaratan di Bandar Udara Adi Soemarmo dinilai tidak aman," jelas Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, Selasa (5/3/24).

Ia menambahkan, keputusan mengalihkan pendaratan ke bandar udara alternatif diambil sesuai dengan standar operasional prosedur yang bertujuan untuk menjamin keselamatan penerbangan. Dalam industri penerbangan, keselamatan selalu menjadi prioritas utama.

Jadwal KRL Solo-Yogyakarta Sabtu 11 Mei 2024, Kereta Langsung ke Malioboro Sampai Malam

Keputusan ini diambil oleh pilot berdasarkan informasi dari pengawas penerbangan (air traffic control) dan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan oleh maskapai dan regulator penerbangan. Penerbangan berangkatkan kembali dari Semarang menuju Solo setelah bandar udara tujuan dinyatakan aman untuk operasional penerbangan.(TJ)