Jalan Tol Fungsional Solo-Jogja Bisa Hemat Waktu Setengah Jam, Cek Jalurnya

Ruas jalan tol Solo-Jogja dilihat dari atas.
Sumber :
  • Istimewa

Viva SemarangJasa Marga Jogja Solo akan membuka ruas tol Solo-Jogja fungsional dari Colomadu hingga Ngawen Klaten pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2024. Pemudik bisa melewati jalur tersebut mulai 5 April 2024 sejauh 22 kilometer. Jalur ini bisa hemat waktu pengendara hingga 25 menit atau hampir setengah jam.

Ambulance PKS Tabrak Truk di Jalan Tol Semarang-Batang, 1 Meninggal

Tapi, jam operasional dibatasi muali pukul 06.00 hingga 17.00 WIB, karena jalur ini masih minim penerangan karena memang sedang dalam tahap pembangunan.

Direktur Utama PT JMJ Rudy Hardiansyah menjelaskan, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo Ruas Colomadu – Ngawen Klaten merupakan bagian dari pekerjaan tahap 1 Jalan Tol Jogja–Solo. Jalur fungsional ini akan dioperasikan saat periode arus mudik yaitu satu arah dari Colomadu menuju Ngawen pada 5 hingga 11 April 2024.

KAI Daop 4 Semarang Layani 1 Juta Penumpang Kereta Selama Masa Lebaran 2024, Naik 14 Persen

Kemudian saat periode arus balik satu arah dari Ngawen menuju Colomadu pada 12 hingga 15 April 2024.

"Yang diperbolehkan melewati jalur fungsional ini khusus kendaraan golongan I non bus atau kendaraan kecil. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 kilometer per jam,” jelas Rudy, Rabu (3 April 2024).

Korban Kecelakaan Turun 57 Persen Selama Masa Arus Mudik dan Balik 2024 di Jawa Tengah

Ia mengungkapkan, pada libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang yaitu mencapai 22 KM hingga Ngawen. Jarak ini lebih panjang dibanding pada masa libur Nataru 2023/2024 lalu yang hanya 13 kilometer.

Jalur Fungsional Jalan Tol Jogja-Solo sepanjang 22 KM ini memiliki perkerasaan kaku/rigid pavement di kedua jalur sepanjang 13 KM dan 9 KM sisanya rigid pavement baru diselesaikan untuk satu jalur saja. JMJ memastikan jalur fungsional ini aman untuk dilewati oleh masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title