H-7 Lebaran, Arus Mudik Sudah Naik 4 persen di GT Kalikangkung

GT Kalikangkung Semarang ramai pad H-7 Lebaran.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Gerbang tol Kalikangkung Semarang mulai ramai pada Rabu April 2024 atau H-7 Lebaran 2024. Data di Posko Mudik GT Kalikangkung tercatat ada kenaikan volume arus kendaraan hingga 4 persen dibandingkan waktu normal.

Korban Kecelakaan Turun 57 Persen Selama Masa Arus Mudik dan Balik 2024 di Jawa Tengah

Hal itu disampaikan Dirut PT Jasa Marga Semarang-Batang Nasrullah. Menurutnya secara umum masih normal dan lancar meski ada kenaikan 4 persen.

"Jadi terhitung H-8 ke H-7 ada kenaikan 4 persen. Dan kita sudah siapkan 10 gardu utama dan 7 gardu pendukung," jelasnya.

Potongan Tarif Tol 20 Persen Mulai Berlaku Hari Ini, Kalikangkung - Cikampek Utama Jadi Segini

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo didampingi Panglima TNI dan sejumlah menteri mengunjungi Gerbang Tol (GT) Kalikangkung pada Rabu 3 April 2024 sore. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka mengecek kesiapan Polda Jateng hadapi arus mudik Lebaran 2024.

Kapolri menyebut ada beberapa hal yang menjadi perhatian khusus yang pertama potensi kepadatan arus lalin dan cara penguraiannya.

One Way Arus Balik Tol Trans Jawa Ditutup, Lalu Lintas Kembali Normal

"Tadi sudah dipaparkan upaya yang dilakukan dengan menambah pintu exit tol, penambahan petugas dan card reader. Ini sebagai upaya mempercepat antrian dan mengurai kemacetan di gerbang tol," jelasnya.

Selain itu, ada perhatian khusus terkait potensi terjadinya bencana banjir di sejumlah daerah dan ruas jalan yang dilalui pemudik. Kapolri menyatakan, sudah disiapkan sejumlah rute alternatif yang bisa dilalui oleh pemudik.

Halaman Selanjutnya
img_title