16 Ribu Kendaraan Kurang Saldo E-Toll Saat Arus Mudik, Bikin Antrean Panjang di Gerbang Tol

Antrean kendaraan di GT Trans Jawa.
Sumber :
  • Istimewa

Viva SemarangJasa Marga mengimbau pengguna jalan yang akan memulai perjalanan arus balik kembali ke Jabotabek untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik atau e-toll yang digunakan dalam perjalanan. Hal agar tidak menghambat kelancaran kendaraan di gerbang tol.

Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, 328 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Pengalaman pada arus mudik kemarin pada periode H-7 hingga H2, terdapat 16 ribu kendaraan dengan saldo kurang di Gerbang Tol Kalikangkung Semarang.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, jumlah 16 ribu kendaraan merupakan 4% dari total 385 ribu kendaraan yang melakukan transaksi di GT Kalikangkung pada periode yang sama. Dengan adanya saldo e-toll kurang dan dilakukannya top up e-toll di gardu tol, maka akan mengakibatkan waktu penundaan yang cukup signifikan.

Ambulance PKS Tabrak Truk di Jalan Tol Semarang-Batang, 1 Meninggal

“Dengan adanya waktu penundaan tersebut, kami mencatat rata-rata penurunan kapasitas transaksi gardu tol di GT Kalikangkung sebesar -5% per jam," jelasnya.

Perhitungannya, yang semula dalam 1 menit bisa melayani transaksi hingga lima kendaraan, maka dengan adanya pengguna jalan kurang saldo dan harus melakukan top up di gardu tol, maka 1 menit akan hanya bisa melayani satu kendaraan saja.

Korban Kecelakaan Turun 57 Persen Selama Masa Arus Mudik dan Balik 2024 di Jawa Tengah

Ia mengingatkan besaran tarif tol yang harus disiapkan pengguna jalan dengan perjalanan menerus untuk arus balik. Terutama dari arah Surabaya dan Semarang menuju Jakarta yang nantinya akan melakukan transaksi di GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Dari Semarang menuju Jakarta, untuk kendaraan golongan 1 harus menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp500.000. Sedangkan untuk pengguna jalan dari Surabaya menuju Jakarta, agar menyiapkan e-toll dengan saldo minimal sebesar Rp1.000.000.

Yang melakukan perjalanan di Jalan Tol Trans Jawa dengan sistem transaksi tertutup atau tarif sesuai jarak, hanya bisa menggunakan e-toll yang sama saat tap in dan tap out sehingga saat saldo kurang tidak bisa meminjam e-toll pengguna jalan lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title