Profil Wasit Indonesia vs Guinea, Francois Letexier Sudah Berkali-kali Bikin Keputusan Aneh

Wasit Francois Lexetier.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Viva Semarang, SepakbolaWasit asal Prancis Francois Letexier banjir kritikan pedas. Ia dinilai mengambil keputusan aneh bin kontroversial yang sangat merugikan Timnas Indonesia U23 saat melawan Timnas Guinea U23.

Justin Hubner Main Bagus, Tapi yang Lain Enggak, Cerezo Osaka pun Jadi Bulan-bulanan Vissel Kobe

Laga playoff Olimpiade 2024 Paris itu digelar Kamis, 9 Mei 2024 malam WIB di Clairefountaine Paris, Prancis.

Keputusan dua kali memberi sanksi penalti kepada Indonesia sangat kontroversial bahkan janggal. Sanksi penalti pertama, dalam tayangan ulang jelas terlihat bahwa saat kaki Witan menyenggol kaki pemain Guniea, masih berada di luar kotak penalti.

Indonesia Tak Lolos Olimpiade di Laga Kontroversial, Wasit Dirujak Netizen

Bukan cuma itu, keputusan wasit untuk memberi sanksi penalti kedua, terlihat jelas dalam tayangan ulang, Dewangga mengambil bola bersih di kotak penalti. Tapi Si Francois Letexier nekat menunjuk titik putih. Keputusan penalti tersebut membuat Shin Tae-yong melayangkan protes keras ke wasit yang akhirnya ia diganjar dua kali kartu kuning dan harus menepi.

Meski kemudian penalti kedua itu bisa dipatahkan Ernando Ari, tapi tetap saja skor 1-0 untuk Guinea dan Indonesia yak bisa ke Olimpiade Paris 2024.

Kepala Witan Diperban, Netizen Sebut Witan Mirip Upin Ipin

Sepak terjang kontroversi wasit Francois Letexier ini ternyata tak cuma sekali ini. Tak hanya Indonesia yang dibikin kecewa. Ternyata, sejumlah klub-klub di Prancis pun pernah merasakan keputusan aneh bin ajaib dari Si Letexier ini.

Saat memimpin pertandingan di Ligue 2 antara Saint-Etienne melawan Le Havre pada 20 Agustus 2022, Letexier kelahiran 1989 ini, memberi empat kartu merah untuk pemain Saint-Etienne.

Halaman Selanjutnya
img_title