Head to Head Timnas Indonesia Lawan Jepang, Pasukan Merah Putih Pernah Menang 7-0

Laga Indonesia lawan Jepang di Piala Asia 2024.
Sumber :
  • Tangkapan layar

Viva Semarang, Sepak Bola – Hasil drawing Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Round 3 menempatkan Timnas Indonesia ke dalam grup C. Ini grup keras bahkan disebut grup neraka. Karena di situ ada Jepang, Australia, dan Arab Saudi. Serta ada China dan Bahrain. 

Indonesia Masuk Grup Neraka, Erick Thohir Langsung Komentar Religius

Menilik kekuatan di Grup C, jelas Indonesia menjadi tim terlemah dengan ranking FIFA terbawah. Tapi apa pun bisa terjadi dalam sepak bola. 

Di Grup C, Jepang menjadi tim dengan ranking FIFA paling tinggi, di urutan 17 dunia. Bandingkan dengan Indonesia yang berada jauh di ranking 134.

Shin Tae-yong Pernah Dilempar Telur oleh Suporter Negaranya, Isyaratkan Tolak Tangani Timnas Korsel

Tapi menilik rekor pertemuan Indonesia lawan Jepang, ternyata tak begitu mencolok. Bahkan Indonesia pernah menghajar Jepang 7-0 meski itu terjadi pada tahun 1968.

Catatan head to head, kedua tim sudah bertemu 16 kali. Dari seluruh laga itu, Indonesia mampu menang 5 kali, kalah 9 kali, dan 2 kali imbang. 

Berat! Indonesia Satu Grup Dengan Jepang, Arab Saudi, dan Australia di Kualifikasi Piala Dunia

Tapi kemenangan Indonesia seluruhnya terjadi sebelum tahun 1982. Setelah itu, laga selalu dimenangkan Jepang. 

Sejatinya, kekuatan Indonesia dan Jepang saat ini tidak semencolok jurang ranking di FIFA. Urutan 17 lawan urutan 134 bukan ukuran realita. Faktanya, pada pertemuan kedua tim pada Piala Asia 2024, Indonesia bisa mengimbangi permainan meski hasilnya 3-1 untuk Jepang. 

Halaman Selanjutnya
img_title