Pj Gubernur Jateng Lepas 352 Jamaah Calon Haji Kloter Pertama, Dipermudah Fasilitas Fast Track

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana lepas jamaah calon haji 2024.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Penjabat (Pj) Gubernur Jateng, Nana Sudjana melepas keberangkatan 352 orang jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) pertama Embarkasi Solo di Gedung Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Minggu, 12 Mei 2024.

Nana Sudjana Dianugerahi Dharma Karya Kencana, Komitmen Ini Penyebabnya

Total ada 32.059 jamaah calon haji asal Jawa Tengah pada 2024 ini, yang terbagi dalam 100 kloter. Calon haji asal Temanggung menjadi yang pertama diberangkatkan ke Arab Saudi. Sedangkan kloter terakhir adalah jamaah asal Wonogiri, mereka akan berangkat pada 10 Juni 2024.

“Jadi ada sekitar 100 kloter akan kita berangkatkan. Dalam satu hari ada tiga sampai empat kloter," ujar Nana setelah melepas jamaah calon haji.

Pj Gubernur Jateng: Gerakan Kembali ke Meja Makan Jadi Momentum Untuk Memperhatikan Keluarga

Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana lepas jamaah calon haji 2024.

Photo :
  • TJ Sutrisno / dok

Pada tahun ini, lanjutnya, embarkasi Solo pertama kalinya mendapatkan fasilitas fast track, yaitu preclearance atau pemeriksaan dokumen jamaah haji oleh Keimigrasian Pemerintah Arab Saudi di Indonesia. Sebelumnya, fasilitas ini hanya dilakukan di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng. 

Wah Kekayaan Daerah Jateng Naik Rp658,01 Miliar

“Ini adalah suatu pelayanan dan kemudahan yang diberikan kepada para jamaah haji. Kita harapkan tentunya ke depan pelaksanaan ibadah haji akan semakin baik," Nana. 

Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Jateng, Mustain Ahmad mengatakan, keberadaan fasilitas fast track ini dapat menghemat waktu jamaah dalam proses perjalananan ibadah haji. 

Halaman Selanjutnya
img_title