Long Weekend, KAI Daop 4 Semarang Siapkan 86 Ribu Tempat Duduk Kereta Api

Suasana di Stasiun Kereta Api Semarang Tawang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / KAI

Viva Semarang – KAI Daerah Operasi 4 Semarang menyiapkan sebanyak 86.369 tempat duduk kereta api selama long weekend atau libur panjang Hari Kenaikan Isa Almasih. Jika dirata-rata, maka ada 17.273 tempat duduk per hari selama 5 hari masa libur panjang. Yaitu dari Rabu 8 Mei hingga Minggu 12 Mei 2024.

Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, 328 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jabotabek

Khusus keberangkatan awal dari stasiun-stasiun yang ada di wilayahnya, Daop 4 Semarang mengoperasikan sebanyak 32 perjalanan kereta api per hari dengan tujuan Jakarta, Bandung, Surabaya, Purwokerto, Tegal, Solo, Madiun, Jember hingga Banyuwangi.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengatakan, berdasarkan pantauan pada hari ini Rabu (8/5/24) pukul 08.30 WIB, jumlah tiket kereta api yang terjual pada periode long weekend di wilayah Daop 4 Semarang, sudah mencapai 55.179 tiket atau rata-rata 11.036 tiket per harinya.

Jadwal Kereta Api Kedung Sepur, Semarang-Purwodadi Hanya Rp 10 Ribu, Bonus Pemandangan

“Prediksi penumpang naik tertinggi akan terjadi pada hari ini Rabu dan Minggu dimana sebanyak lebih dari 22 ribu penumpang akan naik menggunakan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang,” jelas Franoto, Rabu (8/5/24).

Sedangkan untuk keterisian tempat duduk pada Rabu 8 Mei hingga Minggu 12 Mei 2024 masih terisi 44 persen dari total tempat duduk yang disediakan.

Jajan Mi Ayam Kulonprogo yang Viral, Naik Kereta Prameks dari Jogja Cuma Rp 8.000, Ini Jadwalnya

KAI berharap kepada masyarakat yang merencanakan perjalanannya pada masa long weekend, bisa segera memesan, mumpung tiket kereta api pada periode tersebut masih banyak tersedia. Bagi masyarakat yang belum memiliki tiket kereta api pada periode long weekend tersebut, dapat membelinya di aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya," ungkapnya.(TJ)