Kereta Api Argo Bromo Sambar Mobil di Grobogan Sampai Hancur, Begini Kondisi Penumpangnya

KA Argo Bromo Anggrek yang mengalami laka.
Sumber :
  • KAI

Viva Semarang – Sebuah insiden kecelakaan kereta api kembali terjadi. Kali ini KA Argo Bromo Anggrek dari Semarang akan menuju Surabaya menyambar sebuah mobil minibus di perlintasan sebidang swadaya masyarakat antara Stasiun Gambringan - Stasiun Jambon Kabupaten Grobogan.

480 Ribu Penumpang Naik Kereta dari Stasiun Daop 4 Semarang Selama Agustus 2024

Periistiwa terjadi pada Sabtu tanggal 17 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Akibatnya, lokomotif KA Argo Bromo Anggrek rusak pada pipa ABS yang pecah dan bocor pada selang HSD. Alhasil, KA tidak bisa melanjutkan perjalanan. Sedangkan mobil minibus hancur.

Manager Humas Daop 4 Semarang Franoto Wibowo menjelaskan, untuk kondisi pengemudi dan penumpang mobil informasi awal ada 2 orang MD.

Lagi, Tabrakan kereta Argo Bromo Anggrek dengan Minibus di Perlintasan Alastua-Semarang Tawang

Ia menambahkan, sebelum kejadian masinis KA Argo Bromo Anggrek sudah membunyikan klakson lokomotif berulangkali, tapi pengemudi kendaraan mobil tersebut tetap menyeberang, sehingga tersambar kereta api.

Unit Pengamanan KAI segera berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk melakukan evakuasi. Saat ini rangkaian KA 2 Argo Bromo Anggrek berhenti di Stasiun Kradenan untuk menunggu lokomotif pengganti.

Mulai 1 September KA Menoreh Pakai Kereta New Generation, Nyaman Bos

Franoto menyampaikan, KAI sangat prihatin dan turut berempati terhadap korban akibat kejadian tersebut. Terkait insiden tersebut, pihak KAI bersama Instansi terkait akan terus melakukan sosialisasi sebagai upaya preventif pencegahan kecelakaan di perlintasan sebidang.

"Kami menegaskan kembali kepada masyarakat pengguna jalan sesuai UU no 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU no 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas angkutan jalan, bahwa pengendara wajib mendahulukan perjalanan KA ketika akan melewati perlintasan sebidang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title