Yuk Wisata ke Air Terjun Klenting Kuning, Indah dan Airnya Bisa Untuk Terapi Kesehatan

Air terjun Klenting Kuning Sumowono, Kabupaten Semarang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Jika kamu jalan-jalan wisata di Semarang, siapkan waktu lebih ya. Karena destinasi wisatanya sangat banyak dan beragam. Dari wisata alam, budaya, belanja, hingga kuliner.

Ke Masjid Sheikh Zayed, Cek Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Rabu 15 Mei 2024

Nah, salah satu wisata alam yang mungkin jarang ada di tempat lain adalah Air Terjun Klenting Kuning. Kalau orang setempat menyebutnya Grojogan Klenting Kuning.

Keistimewaan air terjun ini adalah tebing yang dialiri air, warnanya kuning keemasan. Benar-benar membuat terperangah yang melihatnya.

Jadwal Lengkap KRL Commuter Solo-Yogyakarta Hari Ini, Sampai Malam Masih Ada Kereta

Air Terjun Klenting Kuning berada di Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono, Kabupaten Semarang. Kalau dari Kota Semarang bjsa ditempuh selama satu jam berkendara. Bisa lewat jalur utama Semarang-Ungaran-Sumowono, bisa juga lewat jalur alternatif wisata Semarang-Limbangan-Sumowono.

Air terjun Klenting Kuning Sumowono, Kabupaten Semarang.

Photo :
  • TJ Sutrisno
Jadwal KRL Solo-Yogyakarta Hari Ini, Tarif Tetap 8 Ribu Rupiah Bisa Langsung ke Candi Prambanan

Karena tebingnya yang berwarna kuning itulah maka masyarakat setempat menyebutnya Klenting Kuning. Kandungan beleranglah yang membuat tebing berwarna seperti itu. Kalau ditelusuri, sungai yang ada di atas air terjun berhubungan langsung dengan kawah Gunung Ungaran yang berada sekitar 5 kilometer dari air terjun.

Versi lainnya terkait nama Klenting Kuning, itu karena ada cerita rakyat turun temurun, bahwa ini sebagai tempat pertemuan Pangeran Panji Asmarabangun dengan Dewi Galuh Candra Kirana atau Klenting Kuning dalam legenda Ande-Ande Lumut.

Halaman Selanjutnya
img_title