Sekarang Saatnya Melihat Dieng Tertutup Es, Jangan Sampai Momen Terlewat

Embun es menutupi rumput di Dataran Tinggi Dieng.
Sumber :
  • IG explorekendal

Viva Semarang, Dieng –Musim kemarau di Bulan Juni menjadi awal momen mengesankan di Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Malam yang dingin di musim kemarau akan membuat embun di kawasan Dieng membeku dan menjadi es. 

Prajurit TNI Borong Juara Triatlon dan Duatlon Sindoro-Sumbing Chalenge 2024 Wonosobo

Puncak momen embun es akan terjadi pada subuh menjelang pagi. Yang mana rumput dan tanaman di kawasan Dieng akan memutih karena tertutup es, dan saat itu bisa terlihat jelas saat matahari secara perlahan menyinari. 

Bagi wisatawan momen embun es di Dieng cukup cepat. Karena semakin tinggi matahari akan memudarkan dan mencairkan es menjadi air lagi. 

Wujil Day Sajikan Keindahan Alam Bumi 'Serasi' Lewat Sport Tourism

Nah, di Bulan Juni sekarang ini, adalah saat yang tepat untuk wisata melihat fenomena embun es di Dieng. Maka segera rencanakan liburan kalian untuk melihat indahnya Dieng yang terselimuti es bagaikan salju di negara Eropa. 

Embun es di Dieng bisa terjadi karena suhu udara di kawasan pegunungan tersebut bisa mencapai minus alias di bawah nol derajat Celsius pada malam hingga dini hari di musim kemarau. 

17 Museum Berkolaborasi di Pameran Bersama Abhirama, Kenalkan Kekayaan Budaya Jawa

Melansir situs resmi bmkg.go.id , fenomena embus es di Dieng merupakan salah satu aspek cuaca yang menyita perhatian serius bagi kalangan ilmuwan, praktisi cuaca, dan masyarakat.

"Cuaca dan iklim merupakan bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dan peristiwa-peristiwa ekstrim seperti embun es memiliki dampak yang signifikan pada berbagai sektor kehidupan," kata Deputi Bidang Klimatologi BMKG Ardhasena dilansir dari bmkg.go.id.

Halaman Selanjutnya
img_title