Libur Idul Adha, PLN Layani Pengguna Mobil Listrik, Sediakan 116 Unit EV Charger di Jateng DIY

Pengguna isi listrik mobilnya di SPKLU Jateng DIY.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Menyambut libur Idul Adha 1445 H, PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta siap layani pengguna mibik listrik di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum).

Bersihkan Satu Ton Sampah di Pantai Semarang, PLN Jateng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Kesiapan SPKLU ini bertujuan untuk menunjang pengguna mobil listrik yang akan mudik ke kampung halaman atau berlibur ke suatu daerah.

General Manager PLN UID Jawa Tengah dan DIY, Mochamad Soffin Hadi menyampaikan bahwa sebanyak 116 unit Electric Vehicle (EV Charger) telah disiapkan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil listrik yang melintas di wilayah Jateng dan DIY.

PLN Sukses Kawal Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Ajang Proliga Jatidiri 2024

“Hingga Mei lalu, sebanyak 116 unit EV Charger pada 67 titik SPKLU telah beroperasi di 28 kota/kabupaten di wilayah Jawa Tengah dan DIY. Ketersediaan SPKLU ini diharapkan dapat mengurangi kekhawatiran masyarakat yang akan menempuh perjalan jauh terutama pengguna kendaraan listrik terkait pengisian daya,” jelas Soffin.

Soffin menambahkan bahwa pihaknya juga telah menyiapkan SPKLU di 21 rest area jalur tol Trans Jawa, Jawa Tengah. Menurutnya, seiring dengan tingginya animo masyarakat menggunakan kendaraan listrik, PLN menyediakan fasilitas SPKLU di setiap titik strategis dan seluruh rest area tol di jalur mudik.

Cek SPKLU di Rest Area Tol, Pj Gubernur Jateng : Pemudik Tak Perlu Khawatir Kehabisan Baterai

“Jumlah transaksi SPKLU di bulan Mei 2024 tercatat sebanyak 2.279 kali. Transaksi terbanyak terjadi pada SPKLU Rest Area KM 379A, SPKLU UP3 Surakarta, dan SPKLU UID Jateng & DIY," kata Soffin.

Sementa transaksi kumulatif gabungan dari seluruh SPKLU yang beroperasi hingga Mei 2024 tumbuh sebesar 202 persen dibanding tahun lalu. Ini artinya peminat kendaraan listrik semakin tinggi sehingga kesiapan infrastruktur perlu terus disiapkan.

Halaman Selanjutnya
img_title