Mahasiswa Demo Terkait Pasar Weleri Kendal, Pengamat: Rawan Ditunggangi Kepentingan Politik

Pasar Weleri Kendal setelah direnovasi.
Sumber :
  • Dok

Viva Semarang – Puluhan mahasiswa menggelar aksi demonstrasi terkait adanya dugaan korupsi atau penyelewengan anggaran pembangunan Pasar Weleri di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah pada Senin,12 Agustus 2024.

ASN Pemkot Semarang Deklarasi dan Ikrar Netralitas Jelang Pilkada

Demo yang digelar jelang Pilkada itu mendapat sorotan dari pengamat yang menyebut aksi itu rawan ditunggangi kepentingan politik.

Pengamat Hukum dan Kejaksaan Fajar Trio menyatakan bahwa secara umum tidak ada larangan terhadap aksi demo yang dilakukan oleh para mahasiswa tersebut. Tapi ia mengingatkan mahasiswa agar aksi mereka suarakan harus sesuai fakta dan data, dan tidak ditunggangi oknum yang punya kepentingan tertentu.

Anggota KPU Komentari Penolakan Berkas Dico-Ali di Kendal, Pengamat: Pendapat Pribadi Atau Lembaga?

"Daya kritis mahasiswa perlu diuji terlebih dahulu, khususnya menyangkut persoalan hukum. Karena dalam pembuktian hukum itu tidak boleh sekedar asumsi dan katanya," kata Fajar, Selasa (13/8/2024).

Menurutnya, ketika membaca laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan ada temuan itu, tak semuanya bisa langsung divonis sebagai ada tindak pidananya. 

KPU Jateng Nyatakan Dua Bakal Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sudah Lengkapi Kekurangan Dokumen

"Karena berbicara hukum itu ya harus ada 2 alat bukti yang cukup. Bukti laporan BPK saja tidak cukup, apalagi jika temuan itu sudah ditindaklanjuti oleh pihak Pemkab Kendal," ungkapnya.

Itu bisa menjadi boomerang bagi mahasiswa, kata Fajar. Ia pun mengingatkan kepada mahasiswa agar aksi yang mereka suarakan tidak ditunggangi oknum yang memiliki kepentingan.

Halaman Selanjutnya
img_title