Arus Mudik Natal Padati Semarang, Merayap 2 Kilometer

Kepadatan arus lalin jelang Nataru di Semarang, Sabtu (22/12/23).
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Semarang – Arus lalu lintas kendaraan jelang Natal hari ini, Sabtu (22/12/23) terpantau padat di jalan arteri atau jalan nasional yang menghubungkan Kota Semarang ke arah Solo dan Yogyakarta. Kendaraan hanya bisa merayap pelan karena banyaknya warga yang pulang kampung berbarengan dengan warga lainnya yang akan berlibur menikmati libur panjang.

Jadwal Piala AFF U-16 2024, Indonesia Yakin Menang, Singapura Tidak Takut

Seperti terlihat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Banyumanik yang merupakan akses non tol dari Kota Semarang menuju daerah lainnya arah ke selatan Jawa Tengah. Antrean kendaraan memanjang hingga 2 kilometer.

Kepadatan arus lalu lintas ini disebabkan volume kendaraan yang meningkat serta adanya beberapa persimpangan jalan, antara lain di Pasar dan Terminal Banyumanik, serta di exit tol Srondol.

Jadwal KRL Solo-Yogyakarta 16 Juni 2024, Bisa Ke Masjid Sheikh Zayed Isi Libur Idul Adha

Kepadatan tak hanya terjadi di ruas jalan yang mengarah ke selatan. Tapi juga yang mengarah ke utara atau masuk ke Kota Semarang. Ditambah lagi dengan keramaian aktivitas warga yang menuju ke pusat perbelanjaan. Hal itu membuat kendaraan hanya bisa merayap pelan dengan rata-rata antara 5 hingga 10 km/jam.

Salah satu pengendara mengatakan, jalur ini memang biasanya padat saat weekend. Tapi untuk jelang libur panjang natal kali ini menjadi lebih padat lagi.

Diduga Rem Blong, Truk Seruduk Motor Dan Mobil 2 Orang Terluka

"Ini lebih dari biasanya. Saya naik motor saja mesti cari celah. Apalagi yang naik mobil. Ya namanya juga libur panjang," kata Anton yang akan pulang kampung ke Klaten, Jawa Tengah.(TJ).