Banjir Masih 37 Sentimeter di Atas Rel, Kereta Dialihkan ke Stasiun Alastua dan Poncol Semarang

Banjir di Stasiun Semarang Tawang.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva Semarang – Hingga Kamis (14/3/24) siang, Stasiun Tawang Semarang masih terendam banjir cukup tinggi. Sementara mendung masih menggelayuti langit Semarang.

Masa Libur Sekolah, KAI Daop 4 Siapkan Transportasi KA yang Nyaman dan Menyenangkan

Dari pantauan petugas KAI di lapangan, saat ini jalur antara Stasiun Poncol hingga Alastua belum bisa dilewati karena masih tergenang. Titik tertinggi ada di jalur rel Kaligawe yang terendam hingga mencapai 37 centimeter, dihitung dari permukaan atas rel.

Sementara genangan di jalur antara Mangkang dan Kaliwungu sudah mulai surut dan bisa dilewati meski masih satu jalur.

Antisipasi Banjir, Pemkot Semarang Rutin Bersihkan Saluran dan Sungai

Dengan begitu, untuk kereta api yang khusus rutenya hanya sampai Semarang, dialihkan ke Stasiun Poncol dan Stasiun Alastua Semarang.

"Jadi kalau dari arah Jakarta rutenya sampai Semarang Tawang, nanti turun di Stasiun Poncol. Begitu juga berangkatnya lewat sini. Sedangkan yang dari Surabaya rute ke Semarang, turun di Stasiun Alastua, nanti dari situ diangkut bus ke Stasiun Tawang," jelas Kadaop 4 Semarang, Daniel Johanes Hutabarat saat mengecek Stasiun Tawang, Kamis (14/3/24).

Jembatan Nogososro Dibangun Mulai Pekan Depan, Atasi Banjir di Wilayah Tlogosari dan Muktiharjo

Salah satu contohnya adalah KA Blambangan Express rute Ketapang Banyuwangi - Semarang Tawang. Kini sementara dialihkan Rute Ketapang Banyuwangi - Alastua mulai hari Kamis (14/3/24).

Menurut Manager Humas Daop 4 Semarang Franoto Wibowo, perubahan pola operasi ini diterapkan hingga situasi normal kembali.

Halaman Selanjutnya
img_title