KAI Daop 4 Semarang Kembali Gelar Rail Clinic di Stasiun Telawa Boyolali

Rail Clinic di Stasiun Telawa Boyolali.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Semarang – Setelah 3 tahun vakum, pelayanan kesehatan di kereta api atau rail clinic kembali dilakukan oleh PT KAI Daop 4 Semarang. Layanan tanggung jawab sosial kepada masyarakat tersebut, berupa pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis dengan kereta kesehatan.

Pesona 3 Wisata Embung di Jawa Tengah, Berlatar Panorama Gunung nan Eksotis

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menjelaskan bahwa Rail clinic ini kembali digelar di Stasiun Telawa Boyolali. Ini kali pertama dilakukan setelah sebelumnya pernah dilaksanakan di Stasiun Comal Kabupaten Pemalang pada tanggal 3 Oktober 2019 lalu.

“Kegiatan Rail Clinic ini terhenti sejak adanya pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Namun pada hari ini Selasa 31 Oktober 2023, Rail Clinic hadir kembali untuk memberikan pelayanan sekaligus pengobatan gratis kepada masyarakat khususnya di sekitar Stasiun Telawa Kabupaten Boyolali,” jelas Franoto di Semarang, Rabu (1/11/23).

Kejar Biawak, Pria Ini Malah Hanyut dan Tenggelam di Sungai Bengawan Solo

Pada kesempatan tersebut, KAI Daop 4 Semarang memberikan pelayanan kesehatan kepada 200 masyarakat sekitar Stasiun Telawa secara gratis mulai pukul 08.00 sampai dengan 13.00 WIB.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat sekitar Kelurahan Juwangi Kabupaten Boyolali mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, pelayanan kebidanan, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, pelayanan farmasi, serta penyuluhan kesehatan.

KAI Daop 4 Semarang Layani 1 Juta Penumpang Kereta Selama Masa Lebaran 2024, Naik 14 Persen

Daop 4 Semarang telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 3 Dokter Umum, 2 Dokter Gigi, 1 Dokter Spesialis, 2 Bidan, 1 Optometrist, 5 Perawat Umum, 1 Perawat Gigi, 1 Apoteker, dan 1 Assisten Apoteker. Rail Clinic sendiri merupakan kereta kesehatan yang memberi pelayanan lebih kepada masyarakat Indonesia, khususnya dibidang kesehatan dengan memanfaatan jalur KA sehingga dapat menembus daerah yang sulit dilalui oleh kendaraan bermotor.

Pada kegiatan yang diadakan di Stasiun Telawa ini menggunakan rangkaian Rail Clinic generasi keempat, dengan rangkaian terdiri atas empat kereta diesel. Dua kereta difungsikan sebagai Rail Clinic, sedangkan yang dua lagi difungsikan sebagai Rail Library.

Halaman Selanjutnya
img_title