Peringati Waisak, Bhikkhu Thudong Jalan Kaki Ribuaan Kilometer Dari India Menuju Borobudur

Bhikku Budha menemui Pj Gubernur Jateng terkait Thudong ke Borobudur.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Menyambut Waisak 2568 BE/ tahun 2024, Sejumlah bikkhu bakal melakukan thudong atau perjalanan jalan kaki menempuh jarak ribuan kilometer selama satu bulan lebih. Rutenya dari Bodh Gaya India menuju ke Borobudur Magelang Indonesia. Thudong dilakika untuk menyambut hari raya Waisak 2568 BE / 2024.

Tekanan Inflasi di Jawa Tengah Mereda Pasca Idul Fitri 1445 H, Rembang Terendah, Solo Tertinggi

Thudong ini juga pernah dilakukan tahun lalu dengan rute yang berbeda, yaitu dari Thailand ke Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Ketua DPD Walubi Jawa Tengah, Tanto Harsono mengungkapkan rute yang bakal dijalani. Yaitu diawali dari Bodh Gaya, India menuju ke Kathmandu, Nepal. Setelah itu menyeberang ke Muara Jambi.

Prakiraan Cuaca Solo Sabtu 4 Mei 2024, Musim Panas Mulai Terasa Capai 33⁰C.

"Bodh Gaya ini tempat paling suci buat orang Buddhis di India. Lalu ke Kathmandu, kemudian Muara Jambi. Kemudian dilanjutkan berjalan dari Semarang ke Borobudur melalui Temanggung," kata Tanto Harsono setelah bertemulu Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana di Kantor Gubernur Jawa Tengah, Selasa, 23 April 2024.

Para Bhikkhu, lanjutnya, memulai Thudong dari India sekitar dua pekan lalu. Dijadwalkan akan tiba di Candi Borobudur pada tanggal 20 Mei 2024. Artinya, perjalanan thudong akan dilakukan selama satu bulan lebih.

Prakiraan Cuaca Solo Sabtu 4 Mei 2024, Musim Panas Mulai Terasa Capai 33⁰C di Siang hari

Terkait rangkaian peringatan Waisak tahun 2024, tambahnya, tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini juga diawali dengan kegiatan bakti sosial dan acara sosial lainnya pada tanggal 18-19 Mei 2024. 

"Ada banyak acara tambahan dari masing-masing umat. Ada aliran-aliran Buddha yang lain yang punya lebih banyak acara di dalam Borobudur. Ada aliran Tibet, Thailand dan lain-lain," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title