Liga 1 Nggak Konsisten, Format Kompetisi Berubah Lagi, Tanpa Championship Series Musim Depan

Suasana pertandingan di Liga 1.
Sumber :
  • IG PSIS

Viva Semarang, Sepakbola – Operator Liga 1 kembali merubah format kompetisi musim 2024/2025. Setelah musim kemarin menggunakan format Championship Series yang menghasilkan Persib Bandung juara, maka pada musim depan format itu tak berlaku.

Para Pemain PSIS Dilanda Kelelahan Jelang Laga Lawan Arema, Bakal Tumbang Lagi?

Melansir Viva, PT LIB selaku operator Liga Indonesia menjelaskan, format Championship Series seperti musim 2023/2024 ternyata butuh waktu yang lama untuk menyelesaikan satu musim kompetisi. sehingga tidak sinkron dengan kalender Timnas Indonesia.

"Banyak slot kebutuhan tim nasional yang harus dipenuhi. Ini kita memang memberi ruang kepada tim nasional untuk bisa memanfaatkan pemusatan latihan yang sifatnya dibutuhkan oleh Badan Tim Nasional," jelas Direktur Utama PT LIB Ferry Paulus, Kamis (2/6/24).

PSIS Rilis Harga Tiket Lawan Arema FC Seharga 150 Ribu, Ada yang Lebih Murah di Tribun Ini

Ia menambahkan, perubahan format itu juga bertujuan agar tidak lagi ada penghentian kompetisi di tengah jalan.

"Kita sudah bikin road map sampai dengan 2027, jadi tidak ada lagi penghentian di tengah, itu sudah ditetapkan semua kapan mau istirahat. Kalau menggunakan Championship Series lagi maka ini akan mundur jauh," ungkapnya. 

Pemain Asing PSIS Bikin Ulah, Diusir Wasit dan Dilarang Main, Kini Kena Jutaan Oleh PSSI

Ferry menegaskan bahwa format Championship Series dari segi efisiensi waktu memang tidak mencukupi untuk bisa berkesinambungan dengan kalender tim nasional. Oleh sebab itu, PSSI dan PT LIB memutuskan untuk kembali menggunakan format liga dalam sistem kompetisi Liga 1 musim depan.(TJ)