Sekda Jateng Ajak Masyarakat Jadikan Harkitnas Momentum Peningkatan Teknologi Informasi

Sekda Provinsi Jateng Sumarno pimpin upacara Harkitnas 2024.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva Semarang – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mengatakan, peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2024 menjadi momentum untuk meningkatkan penguasaan teknologi informasi di berbagai aspek kehidupan.

Pj Gubernur Jateng Minta Hentikan Stigma Negatif Kampung Sukolilo

"Momentum hari ini (Harkitnas) menjadi semangat kita untuk lebih memahami dan menerapkan teknologi informasi," ujar Sumarno usai memimpin upacara Harkitnas di halaman Kantor Gubernur Jateng, Senin, 20 Mei 2024.

Sebab, kata Sumarno, ke depan semua sektor termasuk pelayanan publik Pemprov Jateng mengalami digitalisasi. 

Harganas Jadi Momentum Dalam Percepatan Penurunan Stunting di Jateng

Sebagaimana tema upacara Harkitnas 2024 "Bangkit untuk Indonesia Emas", maka semua harus bangkit memajukan persatuan bangsa. Salah satunya adalah dengan peningkatkan penguasaan teknologi tersebut. 

"Untuk layanan publik, hampir semua layanan di Pemprov Jateng sudah masuk digitalisasi. Itu harus kita dorong terus, karena dengan layanan digitalisasi, layanan menjadi lebih cepat, akurat, dan transparan," jelasnya.

Pengamat Sebut Dico Ganinduto Layak Dipasangkan dengan Siapapun di Pilgub Jateng

Perkembangan digitalisasi juga diikuti oleh pemerintah kabupaten/kota di Jawa Tengah. Mulai pengelolaan keuangan sampai pelayanan satu pintu, Pemprov Jateng dan pemdanya terus memaksimalkan digitalisasi.

"Bahkan di pelayanan terpadu satu pintu, antara pemohon perizinan tidak lagi bertemu langsung dengan petugas dari pemerintah," jelas Sumarno.

Halaman Selanjutnya
img_title