Simulasi Penanganan Kericuhan Pilkada 2024 Polres Semarang

Simulasi Penanganan Kericuhan Pilkada 2024 Polres Semarang
Sumber :

Semarang –Guna meningkatkan kesigapan anggota saat menghadapi pengamanan Pilkada 2024, Jajaran Polres Semarang menggelar Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) pada Jumat (23/8/2024) di halaman GOR Wujil Pandanaran, yang ada di Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang.

PPP Mulai Petakan Potensi Suara Di 19 Kecamatan Dalam Pilkada 2024 Kab. Semarang

Dalam latihan yang disimulasikan pengamanan hingga berujung keadaan ricuh karena ketidakpuasan masyarakat atas hasil Pilkada, Kapolres Semarang, AKBP Ike Yulianto menegaskan bahwa anggota kepolisian utamanya di Kabupaten Semarang harus menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) saat menghadapi kondisi-kondisi kekacauan.

" Kami selalu instruksikan dan menekankan kepada anggota personil kami di kepolisian untuk bisa bersikap dan bertindak menjunjung tinggi HAM ke semua lapisan masyarakat, jadi memang kami tekankan ke anggota untuk menjunjung tinggi HAM saat menghadapi kondisi yang eskalasi meningkat,". Tegas AKBP Ike yang dijumpai usai Simulasi Sispamkota Pengamanan Pilkada 2024.

Polisi Tangkap Pemuda Pemerkosa Anak 13 Tahun Di Proyek Bendungan

Hal ini bukan tanpa alasan dikatakan oleh Kapolres. Karena dalam pengamanan bukan tindakan represif yang dilakukan melainkan tindakan yang tegas dan terukur. Sehingga tindakan yang diambil tidak melukai masyarakat.

" Kami harus tetap melaksanakan negosiasi, karena jangan sampai tindakan dari kepolisian itu dapat merugikan masyarakat. Dengan demikian, kepada seluruh anggota kepolisian di jajaran Polres Semarang bisa tetap patuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) dan seluruh prosedur yang ada," ujarnya.

Geger "Bentrokan" Massa Pendukung Calon Saat Kampanye Pilkada, Polisi Sampai Kerahkan Helikopter

Dikatakan lebih lanjut oleh Kapolres, kegiatan Simulasi Sispamkota Pengamanan Pilkada 2024 di Kabupaten Semarang ini menggambarkan bahwa Polres Semarang dan jajaran Pemkab Semarang, sekaligus Forkompimda Kabupaten Semarang tersebut siap mengawal pelaksanaan Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan bulan November 2024 nanti.

" Simulasi ini dilakukan mulai dari situasi yang aman terkendali, sampai dengan situasi tak terduga atau kejadian yang tiba-tiba terjadi, sudah dilakukan semuanya oleh anggota Polres Semarang. Dimana artinya, kami dari Polres Semarang dan Forkompimda Kabupaten Semarang sudah siap menyambut Pilkada 2024," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title