Universitas Negeri Semarang Buka Seleksi Mandiri, Besaran UKT dan IPI Tak Jadi Ukuran Hasil Seleksi

Konpers Unnes terkait Seleksi Mandiri.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / dok

Viva SemarangUniversitas Negeri Semarang (Unnes) membuka jalur mandiri untuk seleksi masuk ke perguruan tinggi tersebut. Ada kuota 49 persen dari seluruh jalur yang dibuka bagi calon mahasiswa baru

Aksi Simpatik Ramaikan Dinus Inside 2024 untuk Melantik Ribuan Mahasiswa Baru Udinus Semarang

Pihak Universitas Negeri Semarang menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa baru lewat jalur seleksi mandiri (SM) ini tidak ditentukan berdasarkan besaran uang kuliah tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dituliskan saat mendaftar.

IPI atau yang dikenal dengan Sumbangan Pengembangan Institusi dan UKT tersebut dituliskan berdasarkan kemampuan orang tua masing-masing, namun Unnes memiliki rumus tersendiri untuk penerimaan seleksi mandiri.

UNNES Semarang Terima 32 Mahasiswa Internasional dari 17 Negara

"Kami tegaskan bahwa seleksi mandiri tidak didasarkan pada IPI maupun UKT yang dituliskan mereka saat mendaftar," kata Wakil Rektor I Unnes Prof Zaenuri, di Semarang, Senin (24/6/24).

Ia menambahkan, calon mahasiswa yang sanggup dengan IPI dan UKT yang besar tidak otomatis diterima, sedangkan yang kecil tidak. 

Unissula Gelar Pekan Taaruf, Diikuti 9.011 Mahasiswa Baru, Jadi Rekor Terbanyak

Tetap ada mekanisme seleksi yang dilakukan. Untuk besaran UKT sesuai arahan Dirjen Dikti dikembalikan seperti semula, yakni antara kelompok 1-7 sesuai dengan program studi (prodi) masing-masing yang diunggah di laman resmi Unnes.

"Antara prodi satu dan lain bisa berbeda. Prodi yang memerlukan praktikum, seperti teknik dan kesehatan UKT-nya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ilmu sosial, demikian pula IPI-nya," jelas Saenuri. 

Halaman Selanjutnya
img_title