Wisata Klaten: Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Mata Air Sebening Kristal, Cuma Satu Jam dari Semarang

Panorama bawahbair Umbul Ponggok Klaten.
Sumber :
  • IG umbul_ponggok

Viva Semarang, Wisata Klaten adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Letaknya cukup strategis karena berada di titik tengah antara Solo dan Yogyakarta.

Wisata Jawa Tengah: Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Bagai Negeri di Awan, Indah dan Memukau

Klaten kini juga bisa ditempuh dari Kota Semarang dengan waktu hanya satu jam lewat jalan tol baru yang exit tolnya sudah sampai Klaten.

Nah, di Klaten ini terkenal dengan sumber mata air yang jumlahnya sangat banyak. Dan seluruh mata air itu kemudian mengalir menjadi umbul atau kolam alami yang airnya sangat jernih. Begitu jernihnya, sampai-sampai disebut sebening kristal.

Tips Wisata Murah dari Bandung ke Borobudur Cuma 66 Ribu, Naik Kereta Api Ini

Mata air sebening kristal di Klaten terpusat di kawasan sisi timur dari lereng Gunung Merapi. Tepatnya di Kecamatan Tulung dan Kecamatan Polanharjo.

Yang cukup terkenal adalah Umbul Ponggok dan Umbul Cokro. bahkan begitu beningnya air di Umbul ini, wisatawan bisa snorkling untuk melihat bawah air yang banyak ikan warna-warni.

Wisata Kendal: Rekomendasi Lokasi dengan Pemandangan Alam Eksotis dan Indah

Umbul Ponggok dan umbul-umbul yang lain mendatangkan berkah bagi warga setempat. Karena telah menjadi tempat wisata yang viral dan wisatawan pun berbondong-bondong datang ke sini. Desa Ponggok pun menjadi salah satu desa terkaya dengan pendapatan desa mencapai puluhan milyar per tahunnya.

Nah, berikut ini adalah 5 rekomendasi wisata mata air sebening kristal yang ada di Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Cokro Kecamatan Tulung, Klaten.

Photo :
  • IG umbul cokro
Halaman Selanjutnya
img_title