Ternyata Ini Penyebab Kapal KM Soneta dan 16 ABK Tenggelam Karimunjawa

Awak kapal KM Soneta selamat sampai Tegal
Sumber :

Viva Semarang – Kapal Nelayan KM. Soneta asal Rembang tenggelam di perairan Karimunjawa Jepara pada Selasa, 9 Juli 2024. Sebelumnya sempat diberitakan tenggelam pada Kamis, (11/7/2024). 

Liga 2, Tegal Bertekuk Lutut Pada Jepara Lewat Gol Dramatis di Injury Time

Kapal tersebut berawak 16 orang yang juga kemudian tercebur ke laut dan terombang-ambing. 

 

Dua Orang Tenggelam di Waduk Jatibarang Semarang

Perkembangan terbaru ada 9 orang yang ditolong KM Bintang Barokah Tegal yang melintas di lokasi. Serta 1 orang lagi ditolong oleh awak kapal penangkap cumi asal Jakarta. Sehingga total ada 10 orang yang selamat.

 

Pekerja Ojek Perahu Tercebur Laut di Jepara Saat Antar Pemancing, Ditemukan Tim SAR

Sedangkan 6 orang lainnya belum ditemukan oleh tim SAR gabungan yang melakukan pencarian dengan mengerahkan sejumlah kapal dari Basarnas, Lanal, Polair, dan lain-lain.  

 

Kepala Basarnas Semarang, Budiono mengatakan, dari keterangan yang didapat dari para awak kapal KM Soneta yang selamat, penyebab kejadian adalah ombak tinggi yang mencapai 2,5 meter, dan kapal mengalami kebocoran pada lunas kapal, pada bagian bawah mesin tempat baling-baling kapal berada. 

 

"Informasi ini didapatkan dari kesaksian ABK KM Soneta, Nur Nawawi dan Sunardi yang bisa diselamatkan oleh kapal Nelayan asal Tegal, KM Bintang Barokah," jelas Budiono, Sabtu (13/7/24). 

Halaman Selanjutnya
img_title