Di Depan Pengusaha, Ganjar Tegaskan Komitmen Lanjutkan Hilirisasi

Ganjar Pranowo dialog dengan Apindo, Senin (11/12/23).
Sumber :
  • Dok

Jakarta Calon presiden 2024 nomor urut 3, Ganjar Pranowo kembali menegaskan komitmennya untuk melanjutkan proyek hilirisasi. Tak hanya melanjutkan, Ganjar berkomitmen meneruskan ke berbagai sektor ekonomi di Indonesia.

Pemprov Jateng Terima 55 Ribu Usulan Program dalam Musrenbang 2024

"Soal hilirisasi, kita akan teruskan dan kita extend lagi ke berbagai sektor dari potensi ekonomi di Indonesia," tegas Ganjar di hadapan ratusan pengusaha dalam acara Dialog Apindo di Menara Bank Mega Jakarta, Senin (11/12/2023).

Hal itu disampaikan Ganjar menanggapi pertanyaan pengusaha bernama Ana yang menanyakan sikap politik Ganjar terkait program hilirisasi. Ana menanyakan apakah Ganjar akan melanjutkan proyek itu, meski saat ini Indonesia diserang berbagai negara yang tergabung di World Trade Organization (WTO).

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

"Ini sudah menjadi sikap politik kita, bahwa hilirisasi adalah salah satu cara mempercepat Indonesia menjadi negara maju. Meski ada problem di WTO, kita akan terap lanjutkan proyek hilirisasi. Kita harus gentle menghadapi itu," katanya.

Ganjar menegaskan akan menyempurnakan proyek hilirisasi hingga pada industrialisasi. Tak hanya pada nikel atau bauksit, namun juga sumber daya alam lain di Indonesia.

Sidang Perdana Gugatan Pilpres, Ini Pidato Ganjar di Depan Sidang MK

"Masih banyak sumber daya alam lain yang kita miliki yang bisa kita hilirisasi. Batu bara misalnya, tidakkah kita berpikir untuk menjadikannya gas. Karena riset sudah ada soal itu dan investor juga sudah ada yang tertarik menggarap," jelasnya.

Belum lagi sektor lain yang juga sangat besar potensinya jika dilakukan hilirisasi, ungkap Ganjar. Sektor kelautan, bagaimana membuat hasil laut tidak dijual mentah, namun diproduksi menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

Halaman Selanjutnya
img_title