Survei Pasca Dua Kali Debat, Anies-Muhaimin Salip Ganjar-Mahfud, Kok Bisa?

Tiga Capres saat debat Capres pertama.
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Lembaga Survei Polling Institute merilis hasil survei terkini pasca dua kali debat Capres-Cawapres pada Pemilu 2024. Dari tiga pasangan capres-cawapres, pasangan Prabowo-Gibran masih leading di depan. Yang mengejutkan, pasangan Anies-Muhaimin yang sebelumnya selalu mengekor di belakang, kini bisa rebound dan menyalip pasangan Ganjar-Mahfud.

Hasil Survei Pilgub Jateng Taj Yasin Melejit

Hasil survei disampaikan oleh peneliti Polling Institute Kennedy Muslim pada Rabu, 3 Januari 2024. Survei dilakukan pada periode 26 hingga 28 Desember 2024. Metode yang digunakan dalam survei ini yaitu kombinasi metode Random Digit Dialing (RDD) sebanyak 280 responden dan Double Sampling (DS) sebanyak 966 responden. Dengan total hingga 1246 responden.

Sasaran populasi survei ini yaitu warga negara Indonesia berusia 17 tahun atau lebih dan memiliki telepon genggam. Margin of error survei diperkirakan kurang lebih 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dico Berpotensi Kuda Hitam Pilgub Jateng, Namanya Meroket di Survei PPI

Data survei menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran memimpin dengan elekstabilitas di angka 46,2 persen. Tak terlalu banyak naik sebenarnya dibandingkan survei Polling Institute sebelumnya di angka 46,1 persen.

Pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menyodok di posisi 2 dengan elektabilitas 24,6 persen, atau naik sekitar 2 persen dari survei sebelumnya.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

"Dan untuk elektabilitas pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sudah merosot setelah pengumuman Gibran sebagai cawapres Prabowo. Lalu setelah dua kali debat, kemudian turun kembali, kalau kita jumlah ini ada penurunan sudah 9 persen, kini di angka 21,3 persen," ungkapnya.(TJ)

Artikel ini sudah tayang di VIVA.co.id pada hari Rabu, 3 Januari 2024 - 16:07 WIB

Halaman Selanjutnya
img_title