Dalam Sehari 76 Orang Meninggal Akibat Kecelakaan di Indonesia, Polisi Gelar Aksi Keselamatan Jalan

Kakorlantas Polri saat konferensi pers aksi keselamatan jalan.
Sumber :
  • TJ Sutrisno

Viva SemarangKakorlantas Polri, Irjenpol. DR. Drs. Aan Suhanan. Msi mengungkapkan data bahwa angka kecelakaan secara nasional di Indonesia cukup tinggi. Dalam setahun ada lebih dari 152. 000 kejadian kecelakaan dengan korban meninggal lebih dari 27.000 orang. Itu artinya, dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas.

Semarang Night Carnival Digelar Malam Ini, Jalan Pemuda ke Simpang Lima Ditutup, Ini Pengalihannya

"Maka hari ini kita mencanangkan aksi keselamatan jalan sebagai bentuk keprihatinan, sebab berdasarkan data terdapat angka kecelakaan cukup tinggi secara nasional, diketahui bahwa dalam satu hari ada 76 orang meninggal akibat kecelakaan dan dalam satu jam ada 3 orang yang meninggal akibat kecelakaan," kata Kakorlantas Polri Aan Suhanan, saat Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Candi 2024 dan pencanangan aksi keselamatan jalan di  Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Sabtu (2/03/2024).

Aan Suhanan menyebutkan, ada tujuh pelanggaran yang akan menjadi atensi selama Operasi Keselamatan lalu lintas sebab ketujuh hal tersebut mengakibatkan korban yang banyak serta bersifat fatalitas tinggi.

Semarang Night Carnival nan Spektakuler Besok, Ini Rutenya

Yaitu over speed atau kecepatan berlebihan, helm tidak standart, tidak  menggunakan sabuk pengaman, berkendaraan di bawah pengaruh alcohol atau obat-obat terlarang, penggunaan handphone ketika berkendara, melawan arus dan verload atau muatan berlebihan.

Sementara itu, Wakapolda Jateng, Brigjenpol. Drs Agus Suryo Nugroho yang memimpin gelar pasukan, menyampaikan bahwa operasi keselamatan sudah direncanakan oleh Polda Jateng dengan tujuan untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas.

Ikut Nobar di Simpanglima, Wali Kota Semarang Apresiasi Perjuangan Timnas Indonesia U-23

"Telah ditetapkan kalender operasi keselamatan lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh Polda Jawa Tengah, dilaksanakan selama 14 hari dari 4 Maret hingga 17 Maret 2024 serentak di seluruh Indonesia," jelasnya.

Ia menegaskan, operasi keselamatan candi 2024 lebih mengedepankan upaya pencegahan serta meningkatkan pengetahuan masyakat terkait keselamatan berlalulintas. Agar kepatuhan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas meningkat, sehingga menurunkan angka pelanggaran maupun kecelakaan lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
img_title