KA Wisata Ambarawa Alami Insiden dengan Minibus di Perlintasan, 2 Orang Dibawa ke Rumah Sakit

Insiden kecelakaan KA Wisata vs minibus di Ambarawa.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / KAI

Viva Semarang – Sebuah kecelakaan kereta api dengan mob terjadi di perlintasan sebidang tidak dijaga KM 35+267 petak jalan antara Stasiun Ambarawa - Tuntang, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Pajero Tabrak Hantam Truk Dari Belakang di Tol Semarang-Batang, 4 Orang Tewas

Kereta Api Wisata jurusan Stasiun Ambarawa - Stasiun Tuntang, mengalami insiden dengan mobil minibus niaga grandmax blinvan yang sedang melintas.

Manager Humas Daop 4 Semarang Franoto Wibowo mengungkapkan, peristiwa itu terjadi pada Minggu, 10 Maret 2024 pukul 14.33 WIB. Sebelum kejadian, masinis KA Wisata telah membunyikan klakson lokomotif berulangkali sebagai peringatan agar pengendara berhenti dan tidak melintas. Tapi minibus itu tetap melintas dan terjadilah insiden tersebut.

Masa Libur Sekolah, KAI Daop 4 Siapkan Transportasi KA yang Nyaman dan Menyenangkan

Unit pengamanan segera berkoordinasi dengan kepolisian setempat. Korban sebanyak 2 orang di larikan ke RSUD dr. Gunawan Mangunkusumo Ambarawa. Sementara bodi mobil minibus ringsek pada bagian samping kiri akibat benturan dengan lokomotif KA Wisata.

"Untuk kereta, ada kerusakan sarana berupa rusaknya pengereman lokomotif, serta kereta api terhenti beberapa saat untuk pemeriksaan sarana," jelas Franoto.

Ada 64 Ribu Penumpang Naik Turun di Stasiun Tawang Semarang Selama Libur Idul Adha

Pengelola KAI Wisata di Stasiun Ambarawa yang juga Museum Kereta tersebut, kemudian membatalkan perjalanan KA Wisata untuk jadwal berikutnya, dan mengembalikan biaya tiket 100 persen kepada calon penumpang yang sudah membeli tiket.

Ia menambahkan, KAI sangat prihatin dan turut berempati terhadap korban akibat kejadian ini. KAI bersama instansi terkait akan terus melakukan sosialisasi  sebagai upaya preventif pencegahan kecelakaan di perlintasan sebidang.

Halaman Selanjutnya
img_title