Turunkan Emisi, PLN Melantai di Bursa Karbon Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap PLN di Pluit, Jakarta Utara.
Sumber :
  • Istimewa

Semarang –

Libur Idul Adha, PLN Layani Pengguna Mobil Listrik, Sediakan 116 Unit EV Charger di Jateng DIY

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah meluncurkan Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) di Main Hall PT Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa (26/9) yang lalu. Hal ini menarik minat sejumlah perusahaan untuk ikut melantai. Satu diantaranya PT PLN (Persero).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN Group siap menjadi garda terdepan dalam upaya penurunan emisi melalui peran aktif dalam bursa perdagangan karbon di Indonesia. Upaya tersebut menjadi komitmen melakukan transisi energi di tanah air.

Bersihkan Satu Ton Sampah di Pantai Semarang, PLN Jateng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

"Kami terus mendukung Pemerintah untuk mengembangkan ekosistem perdagangan karbon. Beberapa pilot project telah kami lakukan sehingga hari ini, sistem perdagangan karbon bisa dilakukan," jelas Darmawan, lewat keterangan tertulis, Minggu (1/10/23).

Menurutnya, dengan potensi yang dimiliki, PLN akan menjadi trader terbesar di bursa karbon Indonesia dengan membuka setara hampir 1 juta ton CO2. Ini penting untuk mendukung pemerintah dalam penurunan emisi dan mengakselerasi transisi energi.

PLN Sukses Kawal Pasokan Listrik Tanpa Kedip di Ajang Proliga Jatidiri 2024

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan langkah yang dilakukan PLN ini menjadi bagian dari upaya transisi energi yang dilakukan Indonesia.

"Hal ini menandakan langkah besar dalam mendukung upaya mitigasi perubahan iklim di Indonesia," jelas Siti beberapa waktu lalu.

Halaman Selanjutnya
img_title