Jitu! Hasil Quick Count SMRC Nyaris Sama dengan Rekapitulasi Pemilu 2024 KPU RI

Perbandingan QC SMRC dengan Rekap KPU Pilpres 2024.
Sumber :
  • TJ Sutrisno / SMRC

Viva Semarang – Lembaga survey Saiful Mujani Reseach and Consulting (SMRC) merilis perbandingan quick count Pemilu 2024 yang dilakukan SMRC dengan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diumumkan pada Rabu (20/3/24) malam tadi.

Pj Gubernur Jateng Sebut Pilkada Serentak 2024 Lebih Rawan Dibanding Pilpres, Ini Antisipasinya

Hasilnya, hasil quick count SMRC yang dilakukan pada 14 Februari 2024 atau beberapa jam dari selesainya penghitungan suara nasional, ternyata nyaris sama dengan hasil rekapitulasi KPU. Karena selisih keduanya hanya 0,2 persen untuk Pileg DPR RI.

Sementara selisih untuk pemilihan presiden juga hanya 0,21 persen.

Ganjar-Mahfud Legowo Terima Putusan MK : Selamat Buat Pemenang

Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani mengungkapkan data, bahwa pada pemilihan legislatif, Quick Count (QC) SMRC menemukan 8 partai yang memperoleh suara di atas ambang batas 4 persen, sama dengan penetapan hasil rekapitulasi KPU 2024.

"Rata-rata selisih temuan QC SMRC dengan rekapitulasi KPU untuk pemilihan legislatif sebesar hanya 0,2 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Deni Irvani.

PDIP Juara, Ini 50 Nama Caleg yang Diprediksi Menempati Kursi DPRD Kota Semarang

Sedangkan untuk Pilpres juga setali tiga uang. Hanya selisih sangat tipis yaitu 0,21 persen.

"Secara keseluruhan, rata-rata selisih temuan QC SMRC dengan rekapitulasi KPU untuk pemilihan presiden 2024 sebesar 0,21 persen,” kata Deni.

Halaman Selanjutnya
img_title